KONKRIT NEWS
28/10/23, 28.10.23 WIB
Last Updated 2023-10-28T10:00:05Z
DaerahOlahragaPemprov

Pemprov Gelar Open Karate Championsip Piala Gubernur Lampung

Advertisement


Bandar Lampung -- Pemprov Lampung menggelar  kejuaraan  yang bertajuk Lampung Open Karate Championsip Piala Gubernur Lampung Tahun 2023, mulai 27--29/10/2023) di GOR Sumpah Pemuda PKOR Way Halim. Kejuaraan ini bertemakan Dengan Nilai Perjuangan, Penghargaan dan Persahabatan mari Tingkatkan Prestasi Juara. 


Total karateka yang berlaga mencapai 1.165 orang. Mereka dibagi dalam Kelas Festival Putra 286 Orang dan Putri 189 Orang. Lalu, Kelas Open Tournament Putra 389 Orang dan Putri 301 Orang. Mereka nantinya akan memperebutkan 4 emas, 4 perak dan 8 perunggu.


Kemudian, kelas yang dipertandingkan  yakni Kelas Festival  yakni Usia Dini, Pra Pemula dan Pemula. Kemudian Kelas Open Tournament, Usia Dini, Pra Pemula, Pemula, Cadet dan Junior. Para peserta nantinya  akan mendapatkan medali dan sertifikat. Untuk Juara Umum I, II dan III akan mendapatkan trophy tetap dan uang pembinaan.


Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Lampung Descatama Paksi Moeda mengatakan output dari open turname ini, untuk pembinaan bibit altet karate jangka panjang. Sehingga, bisa menjaring karateka muda berbakat.


"Agar nantinya ada atlet muda Lampung yang bersaing di kancah nasional dan internasional, dan mengharumkan nama Lampung," ujarnya, 28 oktober 2023. 


Atlet yang akan mengharumkan nama Provinsi Lampung bersaing dengan daerah lain di Indonesia demi kejayaan olahraga Lampung , " ujar Descatama.


Menurut Desca Cabor Karate masuk ke dalam program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) pemerintah. Karena itu dengan kelompok usia muda yang diperntandingkan, diharapkan  menjadi salah satu cabang andalan Indonesia pada Single Event Tingkat Asean, Asia dan Dunia maupun Multi Event Tingkat Sea Games, Asian Games dan Olympiade


Selama ini, beberapa karateka Lampun juga telah memiliki prestasi dan mengharumkan nama Provinsi Lampung, di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON), Sea Games, South East Asia Karate Federation (SEAKF) maupun Asian Karate Federation (AKF). Mereka seperti seperti Ari Saputra dan Nur Halim Arlendi yang telah  mendapatkan Medali Emas pada PON, Sea Games, dan Single Event AKF/


Karena itu, untuk meraih prestasi seperti karateka senior Lampung, maka proses pembinaan harus dimulai  cukup panjang. Dimulai dari pembibitan, talent scouting yang dilanjutkan proses berlatih dari Usia Dini, Pra Pemula, Pemula, Cadet, Junior dan Senior.


"Kejuaraan ini   wujud komitmen Pemprov   Lampung dalam mendukung pengembangan olahraga Lampung Berjaya, khususnya karate," katanya.


Sementara itu, Ketua Harian KONI Lampung Brigjen TNI (Purn) Amalsyah Tarmizi mengapresiasi pelaksanaan kejuaraan ini yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Lampung bersama Federasi Olahraga Karate-Do (Forki).


"Kami turut berbahagia dengan adanya kejuaraan ini karena tidak akan ada prestasi tanpa adanya kejuaraan," ujar Amalsyah.


Amalsyah meminta ke depan pengurus Forki Lampung dapat terus meningkatkan prestasinya terutama dalam PON 2024 pada September 2024 mendatang.


"Mudah-mudahan ke depan dengan telah berlalunya covid-19, prestasi olahraga akan meningkat dan kita tunggu September 2024 yang akan datang karate bisa mempersembahkan apa kepada Provinsi Lampung," katanya.


Dalam laporannya, Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Provinsi Lampung Noviria Indah Sari mengatakan pelaksanaan kejuaraan ini bertujuan sebagai wahana uji coba program pembinaan Karate yang dilaksanakan oleh PPLP/PPLPD, SKO dan Club Cabang Olahraga Karate.


Selain itu, juga dalam rangka memberikan jam terbang yang lebih pada atlet karate yang berbakat dan potensial yang nantinya diharapkan dapat mengangkat nama baik daerah masing-masing.


"Serta terbentuknya database secara formal untuk membantu Pengprov Forki Lampung dalam menentukan atlet binaan mulai dari Usia Dini, Pra Pemula, Pemula, Cadet dan Junior," ujar Indah.


Indah menjelaskan seluruh peserta terbagi dalam kategori umur Usia Dini, Pra Pemula, Pemula, Cadet dan Junior.


"Mereka mewakili PPLP/PPLPD, SKO, Perguruan dan Club Cabang Olahraga Karate yang melampirkan Surat Rekomendasi dari Pengcab Perguruan dan Club Cabang Olahraga Karate masing-masing," katanya. (Rls)