KONKRIT NEWS
06/10/23, 6.10.23 WIB
Last Updated 2023-10-06T09:24:39Z
UINRIL

Studium Generale Fakultas Syariah Angkat Tema Moderasi Hukum Islam Berbasis Al Quran

Advertisement

Bandar Lampung – Fakultas Syariah (FS)  Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) mengadakan Studium Generale yang mengusung tema Moderasi Hukum Islam Berbasis Al-Quran di Ballroom kampus setempat, Kamis (05/10/2023).


Kegiatan ini menghadirkan Ketua Umum Majelis Pengurus Nasional Himpunan Ilmuwan dan Sarjana Syari’ah Indonesia (MPN HISSI),  Prof Dr KH Muhammad Amin Suma SH MA MM sebagai pemateri pada Studium Generale yang diikuti oleh sekitar 700 mahasiswa FS semester pertama.


Acara dibuka langsung oleh Wakil Rektor (WR) II Dr Safari Daud MSosI sebagai Plh Rektor. Dalam sambutannya ia menyampaikan, pelaksanaan kuliah umum atau studium generale di Fakultas Syariah dengan mengusung tema semacam ini merupakan hal yang penting. 


“Fakultas Syariah merupakan fakultas yang berbasis hukum, sehingga tema yang diusung ini dapat menjadikan mahasiswa memahami pentingnya menerapkan dan mengambil keputusan bersumber pada hukum yang ada dalam Al-Quran,” ujarnya.


Sementara Prof Muhammad Amin dalam inti pemaparannya menerangkan, tiga aspek dasar ilmu hukum. Pertama, aspek filosofi, yaitu aspek yang paling mendasar dalam ilmu hukum. Kedua, pendekatan normatif yaitu pendekatan yang di dalamnya mencakup ilmu hukum Islam dengan lima dasar hukumnya yaitu wajib, makruh, mubah, haram, dan halal. 


Terakhir, pendekatan sosiologis yaitu pendekatan yang erat kaitannya dengan sikap moderat seseorang. Orang yang unggul bukan orang yang memaksakan kehendaknya dengan alasan syariat adalah hukum yang sempurna.


Mahasiswa yang hadir dalam kegiatan ini sangat antusias. Banyak pelajaran baik yang dapat diambil kaitannya dengan tema Moderasi Hukum Islam ini. Pengembangan sikap positif seperti bagaimana caranya agar selalu menjadi orang yang bersikap moderat, adil, dan damai juga didapatkan. 


Sesi tanya jawab juga berlangsung pada rangkaian kegiatan Studium Generale. Bagi penanya, diberikan doorprize berupa buku yang ditandatangani langsung oleh Prof Dr KH Muhammad Amin Suma SH MA MM selaku Guru Besar Ilmu Fiqh di UIN Jakarta.