KONKRIT NEWS
20/11/23, 20.11.23 WIB
Last Updated 2023-11-20T04:19:20Z
Mesuji

Demi Meningkatkan Minat Pembaca, Pemkab Mesuji Gelar Acara Grand Final Duta Baca Tahun 2023

Advertisement


Mesuji - Pemerintah Kabupaten Mesuji Melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah mengadakan kegiatan acara Grand Final Duta Baca Kabupaten Mesuji Tahun 2023, bertempat di gedung Perpustakaan daerah, Rabu 15/11/2023.


Tema yang di usung dalam kegiatan tersebut yakni Pembudayaan Kegemaran Membaca Untuk Mesuji Lebih Jaya. Pelaksaan Kegiatan Pendaftaran di Laksanakan dari bulan Agustus sampai dengan September 2023, kemudian seleksi administrasi peserta di laksanakan tanggal 11-13 September 2023 kemudian di lanjutkan tes tertulis tanggal 18 September 2023.


"Total Peserta yang lolos seleksi berjumlah 20 Orang , hingga proses penyaringan akhir tersisa 9 Peserta yang masuk dan lolos dalam Grand Final Duta Baca Kabupaten Mesuji, "Ujar Yoga Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mesuji. 



Yoga menambahkan, Dewan juri yang melakukan penilaian sesuai Juklak Perpusnas Republik Indonesia, yang terdiri dari Ahli Psikologi, Pustakawan, Jurnalis, Ahli Sosial Budaya dan Pegiat Literasi.


Dalam sambutanya Mewakili Penjabat Bupati Mesuji Drs.Sulpakar, MM Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten Mesuji Beddi, MH mengatakan apresiasi yang luar biasa atas terlaksananya Kegiatan acara tersebut.


"Selain untuk meningkatkan minat baca masyarakat sekabupaten Mesuji tentunya dengan di laksanakan kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan Perpustakaan sebagai sarana pembelajaran baik kepada masyarakat, ataupun kepada peserta yang mengikuti kegiatan, juga untuk meningkatkan budaya gemar membaca masyarakat di Daerah," terang Beddi.



Dia berharap melalui kegiatan ini dapat memupuk imajinasi para penggemar pembaca sehingga peminat pembaca terus bertambah dan diminati disetiap kalangan masyarakat.


"Mudahan mudahan ke depan kegiatan ini makin banyak di minati oleh masyarakat di Kabupaten Mesuji serta pesertanya semakin bertambah banyak, sehingga apa yang menjadi tujuan pelaksanaan kegiatan ini semakin banyak muncul Sumber Daya Manusia (SDA) yang mumpuni dalam pelaksanaan Duta Baca Kabupaten Mesuji, "Jelasnya.


Setelah melaksanakan penilaian dari beberapa variabel yaitu kesesuain Materi Presentasi dengan Tema, Kemampuan Menjelaskan isi Presentasi dalam Penyampaian Kelancaran Materi dan Penggunaan Tata Bahasa yang baik dan Benar, juga sikap presentasi serta cara penyampaian materi serta penampilan, yang terakhir kemampuan dalam menjawab pertanyaan. 



Setelah melakukan Penilaian di dapatkan juara dalam kegiatan Duta Baca Kabupaten Tahun 2023, Sebagai Berikut :

1.Juara 1 ( Dwi Sarimiyati, S.Pd.Gr Dari Desa Berasan Makmur ) 

2.Juara 2 ( Wiji Astuti Dari Desa Brabasan) 

3.Juara 3 ( Supriyanti, S.Pd Dari Desa Simpang Pematang) 


Hadir dalam kegiatan tersebut kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mesuji dan beberapa kepala OPD di Kabupaten Mesuji, Ketua TP PKK Kabupaten Mesuji, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Mesuji, unsur Forkopimda dan tamu Undangan. (ADV)