KONKRIT NEWS
24/11/23, 24.11.23 WIB
Last Updated 2023-11-24T10:29:43Z
Bandar Lampung

Kelurahan Korpri Jaya Bandar Lampung Masuk Nominasi 20 Besar Desa Cantik Nasional

Advertisement


Bandar Lampung - Kelurahan Korpri Jaya, Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung, menjadi sorotan saat Badan Pusat Statistik (BPS) RI mengunjungi Kelurahan tersebut pada Jumat (24/11/2023). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka Desk Evaluation Program Pembinaan Statistik Sektoral Desa Cinta Statistik (Desa Cantik).


Kelurahan Korpri Jaya masuk dalam 20 besar Desa/Kelurahan Cantik Tingkat Nasional. Prestasi ini menjadi suatu kebanggaan bagi Pemerintah Kota Bandar Lampung.


Desa Cantik merupakan program kolaborasi antara BPS RI dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).


Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan literasi statistik pada aparatur desa dan kelurahan, serta menciptakan Satu Data Indonesia di tingkat pemerintahan terkecil, yakni desa dan kelurahan.


Astri Pamela, salah satu tim penilai program Desa Cantik dari BPS RI, mengatakan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk melihat langsung sejauh mana penerapan program Desa Cantik di Kelurahan Korpri Jaya. Di samping itu juga untuk memperoleh informasi dan melakukan evaluasi penilaian terhadap pelaksanaan kegiatan pembinan Desa Cantik di Kelurahan Korpri Jaya yang telah dibina oleh BPS Kota Bandar Lampung.


Prestasi Kelurahan Korpri Jaya yang masuk nominasi 20 besar Nasional dan menjadi satu-satunya desa/kelurahan di Provinsi Lampung yang masuk nominasi Desa Cantik Tingkat Nasional menjadi suatu kebanggaan. 


Harapannya bukan hanya sebagai pencapaian lokal, melainkan sebagai motivasi bagi desa dan kelurahan lain untuk mengembangkan literasi statistik mereka.


Sebelumnya Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiyana, dalam kesempatannya juga telah menerima dengan hangat kunjungan tim BPS di ruang kerjanya, pada Kamis (23/11/2023) lalu.


Pada kesempatan itu, Eva berharap agar penilaian yang dilakukan BPS RI dapat berjalan secara profesional. Ia juga sangat antusias mendukung kegiatan Desa Cantik sebagai percontohan bagi kelurahan-kelurahan lainnya di Kota Bandar Lampung.


Sejalan dengan itu, Kepala BPS Provinsi Lampung, Atas Parlindungan Lubis yang juga turut hadir membersamai tim BPS di kantor Walikota Bandar Lampung, memberikan apresiasi atas capaian yang diperoleh oleh BPS Kota Bandar Lampung tahun ini, karena telah mewakili Provinsi Lampung masuk nominasi 20 besar secara nasional. 


Tentunya ini merupakan buah komitmen dan kerja sama yang selama ini dilakukan oleh Pembina Desa Cantik Kota Bandar Lampung dengan Agen Statistik, maupun kolaborasi yang cukup baik antar BPS Kota Bandar Lampung dengan Pemkot Bandar Lampung.