KONKRIT NEWS
18/01/24, 18.1.24 WIB
Last Updated 2024-01-18T04:55:27Z
Daerah

Wakapolda Lampung Resmi Berganti, Kini Dijabat Putra Daerah

Advertisement


Bandar Lampung - Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Lampung resmi berganti. Kini orang nomor dua di korps baju cokelat di Bumi Rua Jurai itu dijabat Brigjen Pol Ahmad Ramadhan tidak lain adalah Putra daerah Provinsi Lampung.


Brigjend Pol Ahmad Ramadhan merupakan salah satu putra terbaik Lampung, yang berasal dari Pagar Dewa, Tulang Bawang Barat. Dirinya lahir di Bandar Lampung 2 Desember 1969, merupakan Polisi lulusan Akpol 1991.


Perwira tinggi (Pati) Polri dengan bintang satu di pundak itu menggantikan Brigjen Pol Umar Effendi yang dimutasi menjadi Dosen Kepolisian Utama Lemdiklat Polri.


Serah-terima jabatan (Sertijab) kedua jenderal polisi bintang satu itu dipimpin Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika di Siger Lounge Polda Lampung, Rabu, 17 Januari 2024.


Menurut Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadillah Astutik, Wakapolda Lampung yang baru itu sebelumnya menjabat Karopenmas Divhumas Polri.


"Untuk posisi Wakapolda Lampung saat ini digantikan oleh Brigjen Pol Ahmad Ramadhan yang sebelumnya menjabat Karopenmas Divhumas Polri," katanya.


Diketahui, Wakapolda Lampung menjadi salah satu Pati yang dimutasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berdasarkan surat telegram pada Kamis, 28 Desember 2023.


Berdasarkan ST Kapolri No ST/2864/XII/Kep/2023, ST/2865/XII/2023 dan ST/2866/2023 pada tanggal 28 Desember 2023 yang ditandatangani Asisten (As) Sumber Daya Manusia (SDM) Kapolri, Irjen Pol Prof Dedi Prasetyo, wakapolda Lampung yang baru dijabat oleh pati bintang satu putra daerah Bumi Rua Jurai itu.


Dia menggantikan Brigjen Pol Umar Effendi yang mendapat tugas baru sebagai dosen kepolisian TK I STIK Lemdikat Polri.


Wakapolda Lampung yang baru itu lulusan akademi kepolisian dan berpengalaman di bidang penyamaran, intel.


Sebelum dipercaya sebagai Wakapolda Lampung, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menjabat Kepala Biro (Karo), Penerangan Masyarakat (Penmas) Divisi Hubungan Masyarakat (Divhumas) Polri.


Dia merupakan putra daerah Lampung dan tercatat pernah menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Keamanan Negara (Kamneg) Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri (2018 - 2020).


Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, lahir di Bandar Lampung, 2 Desember 1969 merupakan polisi lulusan Akpol 1991. Dia berpengalaman di bidang intel.


Kapolda Lampung menyampaikan dari isi narasi yang tertera didalam sumpah jabatan yaitu merupakan sebuah amanah yang harus ditunaikan dan dipertanggungjawabkan baik di dunia maupun di akhirat. 


Upacara sertijab ini juga dihadiri sejumlah pejabat utama, para kapolres/ta jajaran, pamen, pama dan bintara jajaran satker polda lampung. 


Acara di akhiri pemberian ucapan selamat dari Kapolda dan Ketua Bhayangkari daerah Lampung dan dilanjutkan seluruh peserta upacara. Kemudian ditutup dengan acara ramah tamah di siger Lounge Polda Lampung.(*)