KONKRIT NEWS
18/03/24, 18.3.24 WIB
Last Updated 2024-03-20T07:47:50Z
DPRD Lampung

Ketua DPRD Pimpin Rapat Paripurna Istimewa HUT Ke-60 Provinsi Lampung

Advertisement



Bandar Lampung - DPRD Lampung menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Hari Jadi Provinsi Lampung ke- 60 dengan tema "Harmoni Dalam Kolaborasi Untuk Lampung Berjaya", Senin (18/3).


Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay, dihadiri Gubernur Lampung dan Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Riana Sari Arinal, Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Lampung serta para anggota Forkopimda Provinsi Lampung.


Hadir juga Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Provinsi Lampung, Pimpinan Lembaga Vertikal, Bupati/Walikota, DPRD Kabupaten/Kota, Perguruan Tinggi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Partai Politik dan Organisasi Masyarakat.


Para peserta paripurna mengenakan pakaian khas Lampung. Perempuan mengenakan kebaya lengkap dengan tapis berbagai motif dan warna. Sementara, laki-laki mengenakan jas lengkap dengan kain tumpal, selempang Limar dan berbagai peci khas Lampung.


Paripurna dalam rangka Hari Jadi Provinsi Lampung ke- 60 ini diawali dengan persembahan Tari Sigeh Penguten oleh siswi SMA Negeri 16 Bandar Lampung.


Dilanjutkan dengan persembahan Sendra Tari Khakot Tupping "Perlawan Radin Intan" oleh SMP Fransiskus Tanjungkarang, Bandar Lampung dan persembahan lagu Eghamku di Lampung oleh Balqis Vania Gitta.


Pada agenda itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan, sejak tahun 2020, Provinsi Lampung telah meraih 142 penghargaan. Dia mengapresiasi semua pihak atas kerjasama terhadap berbagai pembangunan di Lampung sehingga menjadi prestasi.


Arinal menjelaskan Sumber Daya Manusia di Lampung yang semakin baik, didukung dengan keberadaan Perguruan Tinggi negeri maupun swasta.


"Perguruan Tinggi ini menjadi tujuan menimba ilmu bagi para calon mahasiswa dari luar Provinsi Lampung, serta mampu bersaing dengan Universitas lain di Pulau Jawa. Hal ini terbukti dengan jumlah pendaftar mencapai 35 persen dari luar daerah," katanya.


Selain itu, Arinal menjelaskan berbagai capaian kinerja penyelenggaraan pembangunan daerah selama Tahun 2023 di antaranya pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung tahun 2023 yang bergerak naik.


"Tumbuh positif 4,55 persen lebih baik dibanding Tahun 2022 yang mencapai 4,28 persen dengan PDRB per kapita sebesar Rp48,2 juta," ujarnya.


Ia menyebut kondisi perekonomian tersebut berhasil menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Provinsi Lampung Tahun 2023 sebesar 4,23 persen.


"Ini lebih baik dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 4,52 persen," katanya.


Selanjutnya, perkembangan Tingkat Kemiskinan terus menunjukkan tren penurunan. Di mana, per Maret 2023 sebesar 11,11 persen atau turun sedikit dari 11,57 persen pada tahun 2022.


Arinal mengatakan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Lampung juga saat ini telah berada pada status tinggi yaitu sebesar 72,48.


"Lalu, Nilai Tukar Petani meningkat sangat baik dari Tahun 2022 sebesar 104,3 persen menjadi 109,36 persen pada Tahun 2023 serta Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) Provinsi Lampung meraih angka kinerja 73,3 pada Tahun 2023," katanya.


Hadir pada paripurna ini, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal, Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Lampung serta para anggota Forkopimda Provinsi Lampung.


Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay mengatakan telah banyak keberhasilan pembangunan di Provinsi Lampung yang dicapai, sehingga menjadi suatu prestasi yang membanggakan.


Ia menuturkan bahwa Peringatan Hari Jadi Provinsi Lampung ini merupakan milik seluruh masyarakat Lampung. Hasilnya adalah kerja bersama dan gotong-royong.