KONKRIT NEWS
30/04/24, 30.4.24 WIB
Last Updated 2024-05-02T07:41:13Z
Unila

Peringati Hari Kartini, DWP Unila Paradekan Busana Khas R.A Kartini

Advertisement



Bandar Lampung - Darma Wanita Persatuan (DPW) Universitas Lampung (Unila) menggelar peringatan Hari Kartini dengan tema “Menjadi Kartini Modern dan Cerdas di Era Digital”, Selasa, 30 April 2024.


Peringatan Hari Kartini ke-145 yang berlangsung di Hotel Emersia, Bandar Lampung, ini dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan dan mars Darma wanita, dilanjutkan dengan laporan dari Ketua Pelaksana Diah Kusumawardhani Fakih.


Diah menyampaikan, kaum perempuan banyak dituntut untuk menjalani berbagai peran, mulai dari ibu rumah tangga, guru, dokter, perawat, hingga menjadi tokoh publik di kalangan pemerintahan.


Di era digital saat ini, perempuan harus dapat beradaptasi dan mengikuti perkembangan zaman. Hal ini diharapkan agar perempuan dapat menjadi ibu yang cerdas dan mampu menuntun anak-anak di masa mendatang.


Fiyanti Mala Ayi, Wakil Ketua DWP Unila, turut memberikan sambutan. Fiyanti mengatakan, sosok Raden Ajeng Kartini menjadi inspirasi kuat bagi kaum wanita dalam memperjuangkan kemerdekaan melalui pendidikan.


Perjuangan Kartini memberikan kemudahan bagi perempuan saat ini untuk menjalani kehidupan. Perempuan harus meneruskan perjuangannya dengan menjadi wanita cerdas dan berkarakter, memberi manfaat bagi keluarga dan masyarakat.


Usai sambutan, rangkaian acara peringatan dilanjutkan dengan mengulas sejarah Kartini dan parade busana yang diikuti 150 peserta dari tim DWP dan stakeholder lainnya.


Parade kebudayaan menampilkan beragam busana adat, kebaya, dan batik dengan corak beraneka ragam. Ini menjadi salah satu upaya untuk mempertahankan eksistensi kebudayaan lokal di tengah zaman modern.


Peringatan Hari Kartini ini diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada kaum perempuan dalam mengejar mimpi dan cita-cita, serta berperan aktif dalam membangun karakter bangsa.