KONKRIT NEWS
29/06/24, 29.6.24 WIB
Last Updated 2024-06-29T12:21:22Z
Lampung Barat

Drs. Nukman : Peringatan Harganas Momentum Percepatan Penurunan Stunting.

Advertisement


Lampung Barat - Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung Drs. Nukman M.M menghadiri puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 31.


Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Pancasila Simpang Lima Kota Semarang Jawa tengah, Sabtu 29 Juni 2024. Dibuka oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK) Muhadjir Effendy.


"Harganas diperingati setiap tanggal 29 Juni. Peringatan Harganas sudah dilakukan sejak tahun 1993. Kemudian ditetapkan beleid Keputusan Presiden RI No.39 Tahun 2014, karena itu, setiap tahun selalu ada acara puncak Harganas," kata Nukman kepada tim rilis Dinas Kominfo Lampung Barat. 


Menurutnya, peringatan Harganas merupakan salah satu upaya untuk mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia terhadap pentingnya suatu keluarga. Sebab, keluarga memiliki peranan dan upaya untuk memantapkan ketahanan nasional dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.


"Harganas merupakan perwujudan pentingnya arti keluarga terhadap upaya memperkuat ketahanan nasional. Sebagai institusi terkecil dalam masyarakat, keluarga menjadi pondasi penting awal pembangunan karakter bangsa," tuturnya. 


Selain itu, Nukman menerangkan, momentum Harganas diharapkan menjadi ajang sosialisasi kepada keluarga untuk membantu percepatan penurunan stunting. 


"Masih ada target besar untuk capai angka stunting 14 persen pada 2024 ini. Karena itu menurut Nukman keluarga adalah tonggak pertama yang harus bisa mencegah terjadinya stunting. 


"Harganas ini diharapkan menjadi momentum mengajak masyarakat untuk entaskan stunting di seluruh wilayah Indonesia," pungkasnya. (Indra/KN)