5/22/17

Google I/O Extended Dorong Pemuda Lampung Kreatif Ciptakan Aplikasi Digital

Loading...





Bandar Lampung – Indonesia membutuhkan generasi muda yang kreatif dalam menguasai teknologi dengan menciptakan aplikasi-aplikasi digital untuk memecahkan berbagai permasalahan di masyarakat.  Chief Executive Officer (CEO) I Grow, Andreas Senjaya mengatakan hal itu dalam kegiatan Google I/O Extended Lampung di Aula Pascasarjana Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Jumat (19/05).


Acara yang diikuti lebih dari 300 peserta ini mengusung tema Web Technology Firebase and Android. Even tersebut merupakan kolaborasi Google Developers, Yayasan Alfian Husin, IBI Darmajaya, Gogo Campus, dan Krakatau Digital Movement.

“Di era digital saat ini untuk menjadi kaya tidak perlu mempunyai tanah berhektar-hektar. Hanya dengan merancang aplikasi yang bisa menjangkau kebutuhan masyarakat, kita bisa menjadi pengusaha sukses,” ujarnya.

Terbukti melihat deretan orang terkaya di dunia, kini mulai diduduki oleh pengusaha dari perusahaan-perusahaan IT seperti Microsoft, Facebook, Amazon, Google, dan lainnya.

“Melihat peluang ini, saya bersama tim membuat aplikasi I Grow yang menggunakan teknologi cloud based agricultural management software untuk menghubungkan sponsor penanaman, petani, pemiliki lahan, dan pembeli hasil penanaman,” terangnya.

Selain Andreas Senjaya, pembicara lainnya yakni CEO Kebun Modal, Edi Kurniawan, Co Founder Habibi Garden, Irsan Rajamin, CTO Iqro, Nedi Sulendro, dan Inisiator Krakatau Digital Movement, Davit Kurniawan. Acara yang dikemas talkshow ini dibuka oleh Rektor Darmajaya, Ir. Firmansyah Y Alfian, MBA dan Ketua Yayasan Alfian Husin, Dr. Andi Desfiandi, SE., MA.

Dikesempatan itu, Google I/O mengenalkan aplikasi terbaru yakni Firebase adalah BaaS (Backend as a Service). Aplikasi dari Google ini mempermudah Mobile Apps Developer  untuk mengembangkan aplikasi tanpa harus kesulitan diurusan backend.

Sementara itu, Direktur DJ Corp, Davit Kurniawan mengapresiasi besarnya antusias anak muda Lampung khususnya mahasiswa yang menghadiri kegiatan tersebut. Ia kagum melihat antusias peserta yang luar biasa. Ini menunjukkan banyak pemuda di Lampung yang punya keinginan besar untuk menambah pengetahuan, dan wawasan tentang teknologi digital.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat untuk memotivasi pemuda Lampung agar cepat tanggap dengan keadaan atau masalah disekitarnya, dan mampu memberikan solusi. Mendorong mereka untuk tidak hanya menjadi seorang yang konsumtif, tetapi ikut membangun startup guna memajukan bangsa ini,” tandasnya. (Rls)

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.