9/19/17

Pakar IT, Onno W. Purbo Kenalkan Bitcoin Kepada Mahasiswa Darmajaya

Loading...




Bandar Lampung – Pakar teknologi dan informasi Indonesia, Dr. Onno Widodo Purbo memperkenalkan cryptocurrency yang salah satunya yakni bitcoin kepada mahasiswa baru Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya di kampus setempat, Sabtu (16/09).

Kuliah umum tersebut diikut 1173 mahasiswa baru Darmajaya pada kegiatan Orientasi Studi (Ories). Setelah itu, penulis dari lebih dari 40 judul buku dengan topik teknologi ini kembali memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Magiter Teknik Informatika (MTI) di Pascasarjana IIB Darmajaya.

Dr. Onno mengatakan, cryptocurrency adalah sebuah teknologi membuat mata uang digital yang menggunakan kriptografi untuk keamanan yang membuatnya tidak dapat dipalsukan. Nilai harga dari cryptocurrency sebagian besar ditentukan oleh kekuatan buy and sell dari para pengguna teknologi ini.

Lanjutnya, cryptocurrency atau teknologi mata uang digital saat ini sangat marak dikembangkan oleh berbagai perusahaan dan team engineer di berbagai belahan dunia.

“Salah satu cryptocurrency yakni bitcoin. Bitcoin adalah mata uang yang terdesentralisasi, berbeda dengan rupiah yang dicetak oleh Bank Indonesia, atau mata uang negara manapun yang dicetak oleh pemerintah, bitcoin  tidak diciptakan oleh suatu lembaga atau institusi tertentu, setiap orang bisa menciptakan bitcoin,” ujarnya yang kini menjadi dosen Darmajaya.

Lulusan PhD dari Waterloo University, Canada ini mengungkapkan, 1 bitcoin setara dengan Rp 50,7 juta. Proses penciptaan bitcoin disebut bitcoin mining, caranya dengan mendownload sebuah software gratis dari website bitcoin yang dijalankan di komputer. Setelah beberapa saat software tersebut akan mencetak bitcoin.

“Bitcoin tersebut bisa dipakai untuk transaksi internet dan ditukarkan menjadi mata uang asli. Jika disederhanakan cara kerja software pencetak bitcoin adalah software yang berfungsi memecahkan satu password dengan cara menebak huruf per huruf , dan angka per angka, dan jika software tersebut berhasil menebak passwordnya maka munculah satu bitcoin untuk anda,” terangnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Komputer IIB Darmajaya, Sriyanto, SKom., MM mengatakan, Darmajaya adalah kampus unggul berbasis teknologi informasi. Kuliah umum menghadirkan Dr. Onno Widodo Purbo diharapkan dapat memotivasi mahasiswa baru untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang perkembangan teknologi. (Red/KN)

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.