5/10/19

Derita Diabetes, Ini Tips Berpuasa ala Dokter RSUDAM Yusuf Aulia

Loading...

BANDAR LAMPUNG - Berpuasa mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama bagi seseorang yang terkena penyakit diabetes. Karena pada dasarnya berpuasa dapat menstabilkan bahkan menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes.
Dokter spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeluk (RSUDAM) Lampung, dr. Yusuf Aulia Rahman, Sp.PD mengatakan, dengan berpuasa maka akan menurunkan kalori gula darah dan dapat menghilangkan sel-sel yang sudah tidak efisien.
"Pada dasarnya karena tidak makan siang jadi gula darah yang ada di dalam tubuh menurun. Akan tetapi saat berbuka puasa harus dikontrol dan jangan balas dendam dengan memakan berlebih," kata Yusuf, Jumat (10/5/2019).
Menurutnya, yang paling terpenting bagi penderita diabetes ialah memperhatikan kadar air dalam tubuh. Dimana saat dehidrasi pada pasien diabetes bisa menimbulkan kondisi yang berat. "Air minum yang baik ialah 1,5 liter minimal harus terpenuhi bagi penderita diabetes agar saat dehidrasi badan tetap fit," ujar dia.
Dokter Yusuf juga menyarankan kepada penderita penyakit diabetes untuk tetap mengatur menu berbuka puasa, terutama saat makan yang manis-manis harus dikontrol. "Saya sarankan saat berbuka yang baik pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang tidak sekali makan langsung selesai. Karbohidrat kompleks seperti di buah kurma dan sayuran, itu sangat disarankan," ungkap alumnus kedokteran Universitas Indonesia ini. (red)

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.