5/2/19

Peringati Hardiknas, Gubernur Lampung: Pembangunan Infrastruktur Harus Diimbangi Dengan Pembangunan SDM Yang Berkualitas

Loading...

BANDAR LAMPUNG -- Menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lapangan Korpri, kamis (2/5) pagi, Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy.

"Kita baru saja melaksanakan Pemilihan Umum, Pemilu seyogyanya adalah proses pembelajaran bagi masyarakat, proses pendewasaan dalam melaksanakan demokrasi," Ujar Gubernur Ridho.

Pada upacara yang dimulai pada pukul 08.00 wib tersebut turut hadir semua Kepala Dinas Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Lampung, Jajaran Rorkopimda, Guru, pelajar, mahasiswa, serat Aparatus Sipil Negara di wilayah pemerintahan Provinsi Lampung.

Lebih lanjut, dalam sambutannya Gubernur Ridho juga menyatakan bahwa saat ini fokus pembangunan pemerintah mulai bergeser, yakni dari pembangunan infrastruktur kepada pembangunan sumber daya manusia.

"Pembangunan pemerintah pusat yang saat ini difokuskan pada pembangunan infrastruktur sekarang mulai bergeser kepada pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas melalui pendidikan karakter dan keterampilan serta kecakapan yang tinggi," paparnya.

Namun demikian, usai upacara Gubernur Ridho menyatakan bahwa pembangunan infrastruktur harus diikuti dengan pembangunan Sumber Daya Manusia secara bersamaan.

Hal tersebut dilakukan agar terjadi sinegisitas antara kemajuan pembangunan dan peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas.

"Seharusnya pembangunan infrastruktur berjalan berdampingan dengan pembangunan SDM, paling tidak setengah langkah dibelakang, jangan sampai jaraknya terlalu jauh. Jika pembangunan sudah berkembang dengan sangat pesat tapi SDM nya tidak mendukung, kita juga tidak mau hal seperti itu terjadi," tegas Gubernur
Adapun pembangunan infrastruktur di Provinsi Lampung menurut Gubernur M.Ridho Ficardo selalu dibarengi dengan pembangunan SDM. Diantaranya dengan peningkatan kapasitas perguruan-pergutuan tinggi melalui program hibah, beasiswa anak petani, Program Bosda, serta hibah kepada kementerian Perindustrian untuk memperluas kapasitas SMK SMTI Bandar Lampung sebagai wujud persiapan menghadapi era Industri 4.0.


Dalam upacara tersebut Gubernur Ridho juga memberikan penghargaan berupa trophy dan piagam kepada sekolah berprestasi dalam lomba Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah Tingkat Provinsi Lampung yang diselenggarakan pada tahun 2018 yang lalu.
Adapun penghargaan Terbaik tingkat TK diberikan kepada Tk Pertiwi Metro Pusat,Terbaik Tingkat SD diberikan kepada SD Negeri 02 Subing Agung, Terbaik Tingkat SMP diberikan kepada SMP Negeri 7 Bandarlampung, dan Terbaik Tingkat SMA diberikan kepada SMA Negeri 1 Agung Semuli. (*)

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.