KONKRIT NEWS
23/06/19, 23.6.19 WIB
Last Updated 2019-06-23T13:44:32Z
Bandar Lampungpolitik

AEP Pastikan Nama Bacalon Walikota Dari PKS Masih Bisa Berubah

Advertisement

Bandar Lampung - Ketua DPD PKS Kota Bandar Lampung Aep Saripudin mengatakan bahwa nama-nama bakal calon (bacalon) Walikota dari PKS yang saat ini sudah beredar dipastikan masih bisa berubah. Pernyataan ini disampaikan Aep saat memberikan sambutan pada acara halal bihalal PKS Kota Bandar Lampung, Minggu (23/6), di pondok pesantren Al Firdaus, Kemiling.

Saat ini empat nama bacalon walikota dari PKS yang beredar dipublik antara lain Al Muzzammil Yusuf (anggota DPR RI), Ahmad Mufti Salim (Ketua DPW PKS Lampung), Ade Utami Ibnu (Ketua Fraksi PKS DPRD Lampung), dan Muchlas E. Bastari (Wakil Ketua DPD PKS Bandar Lampung). Dari empat nama tersebut, PKS tidak menutup kemungkinan muncul nama-nama lain. Karena proses penetapan bacalon menjadi calon walikota masih cukup panjang, bisa saja terjadi perubahan nama saat proses berjalan.

Aep melanjutkan, bahwa proses penetapan bacalon menjadi calon dari PKS perlu beberapa tahap. Yang pertama ada tahap diskusi pengurus PKS Bandar Lampung dengan para senior partai, ulama dan tokoh masyarakat. Ditahap ini PKS mendengarkan masukan dan saran dari mereka tentang siapa bacalon yang layak dan menungkinkan diusung oleh PKS menjadi calon walikota.

Lalu ada tahapan pemilihan raya (pemira) kader PKS Bandar Lampung. Ada juga tahap lobi-lobi politik dengan partai lain, karena PKS tidak bisa mengusung calon walikota sendirian. Jika sudah mengerucut menjadi 2 atau tiga nama, PKS Kota akan memberikan rekomendasi nama-nama tersebut ke pengurus provinsi atau DPW PKS Lampung untuk kemudian dilakukan fit and proper test, atau uji kepatutan dan kelayakan. Terakhir, nama terpilih akan dikirim ke DPP untuk ditetapkan dan dikeluarkan SKnya menjadi calon walikota usungan PKS.

Aep berharap, dalam pilwakot 2020 tahun depan ada kader PKS yang dapat maju bertarung, entah itu sebagai calon walikota maupun calon wakil walikota. “insyaa Allah kader-kader PKS berkualitas, apalagi PKS punya modal pada pemilu legislatif lalu sebagai partai pemenang ketiga di Bandar Lampung dengan raihan suara 68 ribuan suara. Ini sudah cukup membuktikan kami siap all out pada pilwakot 2020”, pungkas Aep.