6/24/19

Pemkab Way Kanan Canangkan Seluruh Kampung Bisa Kelola Anggaran Bank Sampah Sendiri Tahun 2020

Loading...

Way Kanan, (Lampung) - Meski baru usulan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Way Kanan Dwi Handoyoretno mengaku wacana adanya kebijakan Peraturan Bupati (Perbub) daerah Kabupaten Way Kanan untuk bisa mengatur anggaran dana kampung (ADK)  besumber APBD Way kanan tahun 2020 agar 222 Kampung di 15 Kecamatan yang baru ini juga nantinya sudah banyak mendapat respon baik dari bebagai pihak. 

Bahkan Dwi Handoyoretno optimis 2020 Way Kanan bukan sekedar menambah kesukses dalam daerah menyandang gelar Adipura. Kegiatan gerbek sampah, lomba Adipura tingkat Kampung yang dilakukan Bupati Way kanan Raden Adipati Surya ini juga kedepan berhasil dalam membuat daeah Way kanan sebagai tingkat kesadaran masyarakatnya terbiasa hidup bersih dan sehat. 

"Bupati setuju jika dana ADK bisa dikelola untuk pengelolaan bank sampah oleh pemerintah kampung secara langsung. Dimana dana itu bisa bertahap digunakan untuk memenuhi ketentuan dalam terciptanya bank sampah kampung baik upah para peduli sampah kampung, kendaraan pengangkut sampah dan alat penampung sampah yang akan dipisahkan jenisnya. Diharapkan 2020 semua gerakan ini bisa terealisasi mengingat saat ini Way kanan sudah semakin maju dalam bidang kesehatan dan lingkungan, "tegasnya saat berbincang diruang kernya,  Senin (24/6/2019).

Selain itu,  Dwi juga menerima banyak masukan atas wacana Perbub itu.

"Banyak kepala kampung setuju karena dana desa juga telah diatur kegunaanya. Jika dengan adanya Perbub ini maka dalam pengembangan kampung bisa dilaksanakan secara UU dan Peraturan agar tidak menyalahi ketentuan yang akan menjerat mereka,"ungkapnya, seraya menambahkan, pihaknya juga tengah mendalami soal pemgelolaan sampah organik agar bisa lebih cepat diolah menjadi pupuk.

"kita juga akan siapkan langkah untuk upaya membuat sampah cepat membusuk dengan bahan bahan kimia yang bisa memperpendek masa leburnya sampah organik. jika nanti bisa berlaku tentu kita akan lebih baik dalam menjaga udara dan lingkungan tercemar meski dimusim penghujan ini sangat baik dalam pertumbuhan kesehatan way kanan hingga tingkat dusun,"pungkasnya. (Andri)

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.