7/16/19

Kajari Jakbar Dampingi Ketua IAD Pusat Resmikan MCK Bersih

Loading...

Jakarta - Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Barat  Bayu Adhi Nugroho Arianto ikut mendampingi kegiatan Bahkti Sosial dalam rangka HUT Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) Ke-59 dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke-19. 

Setelah sekian kalinya kegiatan bahkti sosial diberbagai daerah, Ketua IAD Pusat, Ros Ellyana Prasetyo, untuk kali ini meresmikan 5 titik MCK di Wilayah DKI Jakarta, Senin (15/7/2019). Kegiatan tersebut diikuti juga oleh Ketua IAD Wilayah DKI Jakarta, Tini Warih Sadono yang nota bene istri dari Kepala Kejati DKI Warih Sadono.

Ros Ellyana yang merupakan istri dari Jaksa Agung HM Prasetyo, mengatakan kegiatan pembuatan jamban bersih dan sehat diperuntuhkan kepada warga di wilayah kedoya (Jakarta Barat), wilayah Bungur (Jakarta Pusat), wilayah Manggarai (Jakarta Selatan), wilayah Cipinang (Jakarta Timur) dan wilayah Sungai Bambu (Jakarta Utara).

“Pembangunan/perbaikan MCK ini merupakan salah satu program bakti sosial dan telah melakukan pembangunan/perbaikan MCK di 12 lokasi yang terdiri dari 95 pintu MCK yang tersebar di 5 wilayah DKI Jakarta,” ujar Ros sapaan Nyonya Prasetyo tersebut.

Dia menjelaskan kegiatan ini dalam rangka ulang tahun IAD yang dilaksanakan oleh Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah DKI Jakarta bekerjasama dengan Dinas terkait dan IAd Pusat dengan didukung oleh PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Pembangunan/perbaikan MCK kata dia bagian dari Program Indonesia Bersih serta salah satu wujud nyata kepedulian Kejaksaan dan IAD terhadap masyarakat, dengan harapan fasilitas umum berupa MCK yang telah terbangun/direhab dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat.

Dalam rangka memperingati HUT ke-19 IAD, selain diadakan kegiatan sosialisasi untuk mengurangi pengggunaan sampah plastik, juga diadakan kegiatan sosial seperti operasi katarak, sunatan masal, nikah masal, operasi hernia.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai agenda wajib Ikatan Adhyaksa Dharmakarini,” imbuhnya.

Kegiatan peresmian pembangunan/perbaikan MCK di 5 wilayah DKI Jakarta (Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Jakarta Barat) dilakukan secara serentak dengan “titik pusat” di Jl. Pesing Koneng RT 12 – RW – 02 Kec. Kedoya Jakarta Barat dan menggunakan media STREAMING di ke-5 titik wilayah di DKI Jakarta.

“Bahwa selain kegiatan peresmian MCK, jajaran IAD Pusat dan IAD Wilayah DKI Jakarta juga melakukan penanaman pohon (penghijauan dan biopori),” pungkas Ketua IAD Pusat, Ibu Ros Ellyana Prasetyo.

Pada kegiatan tersebut, hadir juga Kajati DKI Jakarta, Warih Sadono dan Kajari Jakarta Barat, Bayu Adhi Nugroho Arianto

Sebelumnya pada Jumat hingga Minggu sejak tanggal 12 hingga 14 Juli 2019 kaum istri para jaksa itu juga telah menyelenggarakan kegiatan bhakti sosial berupa operasi mata katarak secara gratis kepada masyarakat di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Setidaknya 300 orang penderita katarak yang mendapatkan fasilitas operasi katarak gratis setelah melalui seleksi dari 500 orang yang berminat.

Kegiatan operasi katarak yang merupakan program sosial dari Jaksa Agung sebelumnya dilaksanakan di beberapa  daerah di Jawa, Sumatera, Kalimantan, NTT, Papua, Bali dan kali ini di Lampung.

Sementara itu untuk pencananganan gerakan Indonesia bersih yang digagas Ketua IAD Pusat guna menggiatkan masyarakat turut menjaga kebersihan lingkungan akan dilakukan pemasangan seribu tong sampah di dua wilayah. 400 tong sampah akan dipasang di Tanggamus dan 600 tong sampah di Kota Lampung. (IWO/KN)

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.