Dianakrobi
08/08/19, 8.8.19 WIB
Last Updated 2019-08-07T17:36:03Z
DaerahTulang Bawang

Datangi Pemkab Tulangbawang, Mahasiswa Minta Support Kemajuan UMPTB

Advertisement
Tulangbawang, KN
Pemerintah Daerah Kabupaten Tulangbawang secara konsisten terus  mensupport keberadaan Universitas Megou Pak Tulang Bawang (UMPTB) sebagai perguruan tinggi kebanggaan masyarakat Tulangbawang dengan mengedepankan prinsip, mengingat semua berjalan dengan tahap  proses harus sesuai regulasi yang berlaku saat ini.

Demikian hal ini terungkap saat Pemerintah Kabupaten Tulangbawang, menerima rombongan mahasiswa siswi UMPTB, dalam rangka pembahasan tentang perkembangan UMPTB yang dilaksanakan di Ruang Rapat Sekda Tulangbawang. Rabu, (07/08).

Saat rapat ini, para mahasiwa siswi disambut para Asisten, diantaranya Asisten I, Dr. Akhmad Suharyo, Asisten III, Dr. Untung Widodo dan Inspektur Inspektorat, Dr. Pahada Hidayat, Kepala BPKAD, Dr. Rustam Effendi, Kepala BKPP, Penli dan Kepala Kesbangpol, Hamami Ria dan plt. Kadis Kominfo, Dedy Palwadi.

Dijelaskan Pemerintah, bahwa terkait pengelolaan UMPTB saat ini, dijelaskan berdasarkan Perda Nomor 12 Tahun 2008 tentang pengelolaan UMPTB, pemberian bantuan/hibah dibatasi sampai dengan Tahun ketiga, sehingga selanjutnya menjadi tanggungjawab Yayasan sebagai pemilik yayasan tersebut, hal ini sesuai juga dengan hasil Audit BPK yang menyatakan bahwa UMPTB tidak dibentuk oleh Pemkab Tulangbawang melainkan oleh Yayasan Megou Pak.

Pemerintah Daerah Kabupaten Tulangbawang juga sudah mendukung keberadaan UMPTB, hal ini terbukti Pemkab telah mengeluarkan bantuan dan Hibah sebesar Rp 21.625.158.650,- serta sampai saat ini masih memberikan pinjam pakai dalam bentuk tanah, bangunan dan gedung senilai Rp 112.148.300.000,- Peralatan dan Inventaris senilai Rp 1.537.523.000,- Peralatan dan Mesin senilai Rp 185.200.000-.

"Pemkab Tulangbawang sangat mendukung dunia Pendidikan yang ada di Tulangbawang dengan mensupport sesuai dengan kewenangannya, dimana dalam hal ini Perguruan tinggi adalah kewenangan pusat. Oleh sebab itu Pemerintah Daerah sedang dan terus mengkaji dan berkonsultasi untuk mendukung UMPTB sesuai ketentuan yang berlaku," jelas Asisten III, Dr. Untung Widodo diamini yang lainnya.

Selain itu, terkait dengan pemeliharaan asset yang telah dipinjam pakaikan sesuai yang diatur dalam Permendagri 19 Tahun 2016 Tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah. "Bahwa pemeliharaan barang yang dipinjam pakaikan menjadi tanggung jawab peminjam pakai," ujar Kepala DPKAD Dr. Rustam Effendi.

Terkait pembentukan Tim Fasilitasi Penegerian UMPTB, berdasarkan Permenristekdikti Nomor 100 tahun 2016 Pasal 6 ayat (1) pendirian PTN yang berasal dari PTS dilakukan atas usul Badan Penyelenggara, dengan mengalihkan hak milik atas sarana dan prasarana milik Badan Penyelenggara yang digunakan oleh PTS kepada Pemerintah. "Terkait hal tersebut persyaratan yang dimaksud belum disampaikan kepada Pemerintah Daerah oleh Yayasan," ungkap Kepala Inspektur Inspektorat Dr. Pahada Hidayat.

Sementara, Asisten I Dr. Akhmad Suharyo, menyampaikan bahwa, proses yang diinginkan ini tidak mudah, karena memerlukan sinergitas antara Yayasan,  Rektorat, Pemda dan Kementerian. "Dalam hal ini kita semua harus bersinergi untuk mewujudkannya," tegasnya.
(Novan)