9/5/19

ACT Lampung Dirikan Dapur Umum untuk Korban Kebakaran Kaliawi

Loading...

ACT Lampung Dirikan Dapur Umum untuk Korban Kebakaran Kaliawi


Kebakaran yang menghanguskan sekitar 13 rumah di Jalan Raden Patah Gang Ciruas 3 Kelurahan Kaliawi Kecamatan Tanjung Karang Pusat Bandar Lampung menyisakan duka bagi puluhan warga yang sehari-hari mendiami bagian atas bukit tersebut. 

Api yang tiba-tiba membesar membuat warga tak sempat meyelamatkan harta bendanya. Salah satu warga yang sempat ditemui tim Emergency Response ACT Lampung, Ilmiratul (23) bersyukur keluarganya selamat dari amukan api yang meluluh lantakan rumah semi permanenya. 

Malam itu Ia sedang tidur pulas bersama anak dan suami, tetiba api sudah menghanguskan dua rumah dibagian bawah. Semua warga berlari menyelamatkan diri kebagian atas.

“Pukul 12 malam api sudah besar, posisi masih tidur pulas, pas bangun sudah dua rumah hangus. Kami berlarian ke bagian atas bukit untuk menyelamatkan diri,” jelasnya.

Sejak dua tahun silam menempati kawasan tersebut, baru pertama kali Ia terkena musibah kebarakan. Malam itu anak balitanya ketakutan melihat kobaran api sampai kejang-kejang. Warung yang menjadi penopang perekonomian keluarganya ikut lenyap.

“Anak saya kejang-kejang, sawan melihat api, semalam kami tidur di Mushola Nurul Ikhlas, siang ini belum tahu mau tinggal dimana karena masih gemetaran,” ucapnya.

Kepala Cabang ACT Lampung Dian Eka Darma Wahyuni mengatakan tim Emergency Response telah mendampingi warga terdampak kebakaran dengan membagikan paket biskuit dan air minum. Bantuan diterima langsung oleh aparat RT 09 Lingkungan 2 Kelurahan Kaliawi. Nantinya rumah tersebut akan digunakan untuk Posko Induk Bantuan. 

“Bantuan tahap awal sudah disalurkan, saat ini tim sedang berupaya mengumpulkan bantuan seperti makanan, sembako dan pakaian baru. Posko Induk Bantuan akan beroperasi untuk memudahkan masyarakat menyalurkan bantuan,” jelasnya.

Selain itu untuk mencukupi kebutuhan makanan warga terdampak kebakaran, pihaknya juga akan mendirikan Dapur Umum tak jauh dari Posko Induk Bantuan. Harapanya dengan hadirnya Dapur Umum warga tidak repot mencari makanan. Untuk itu pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat setempat untuk menyiapkan lokasi dan perlengkapan masak. 

“Warga sekitar akan menjadi relawan untuk menyiapkan makanan siap santap, harapanya hadirnya dapur umum tersebut akan meringankan beban korban terdampak bencana,” pungkasnya.

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.