KONKRIT NEWS
11/10/19, 11.10.19 WIB
Last Updated 2019-10-12T02:31:37Z
Lampung Barat

Bupati Lampung Barat Buka Festival Beguai Jejama

Advertisement


Konkritnews.com - Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus membuka Festival Beguai Jejama 2019, launching website pekon sekaligus pencanangan bulan bakti gotong royong, di Pekon Way Ngison, Kecamatan Batu Ketulis, Kamis 10 Oktober 2019.

Hadir Wakil Bupati Lambar, Mad Hasnurin, forkopimda, para asisten dan staf ahli bupati, para kepala OPD, Ketua TP-PKK Lambar Partinia Parosil Mabsus, camat dan peratin.

Bupati berharap kegiatan ini selaras dengan mimpi dan harapan dalam menciptakan kebersamaan dalam membangun Lampung Barat.

"Festival ini memiliki arti penting sebagai ajang silaturahmi dan menumbuhkan kebersamaan serta semangat beguai jejama (gotong royong) karena membangun Lambar tanpa ada beguai jejama tentu tantangan dan hambatan dalam mencapai pembangunan tidak dapat kita lewati," kata Pak Cik, sapaan akrab Parosil.

Terkait budaya beguai jejama (gotong royong), lanjut bupati, saat ini sudah hampir ditinggalkan, sehingga untuk menumbuhkan warisan leluhur yaitu begui jejama ini.

"Dengan adanya festival ini maka beguai jejama harapannya dapat kita tingkatkan kembali dan merekatkan persatuan antar masyarakat," kata Parosil.

Kepala Dinas PMP, Yudha Setiawan, mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam segala bidang pengembangan, peningkatan peran aktif masyarakat dalam pembangunan, meningkatkan gotong royong yang merupakan warisan untuk mengisi dan mewujudkan pembangunan guna mewujudkan Lampung barat hebat.

"Kegiatan ini meliputi penyerahan Lomba Pekon 2019, launching website pekon, launching rekening aparatur pekon, peluncuran produk BUM Pekon, lomba nyambai, khitanan masal, pelayanan KB, pelayanan kesehatan masal, pelayanan kependudukan, pelayanan perpustakaan baca masyarakat, penanaman pohon konservasi, lomba masak nasi goreng, lomba nasi tumpeng, serta parade makan besar kuliner lokal," urainya. (*)