30/10/19, 30.10.19 WIB
Last Updated 2019-10-30T07:48:27Z
Daerah

Wisuda Periode III 2019, Rektor Kukuhkan 775 Wisudawan

Advertisement


Wisuda Periode III 2019, Rektor Kukuhkan 775 Wisudawan


Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg Kukuhkan 775 wisudawan pada sidang senat terbuka wisuda periode III tahun 2019, Rabu (30/10).

Dari jumlah tersebut, Program Pascasarjana (PPs) untuk program doktor (S3) sebanyak 4 wisudawan dan program magister (S2) 20 wisudawan. Sedangkan program sarjana (S1), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) 398 wisudawan; Fakultas Syariah (FS) 109 wisudawan; Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) 52 orang; Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) 70 wisudawan; serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) 122 wisudawan.

Rektor menyampaikan ucapan selamat kepada keluarga wisudawan yang telah menghantarkan putra/putri, suami/istri, mencapai gelar sarjana, magister, bahkan doktor. “Doa dan restu kami menyertai saudara yang hari ini diwisuda,” ungkapnya.

“Rahmat dan Ridho Allah akan menanti saudara, jika saudara mengamalkan ilmu yang bermanfaat bagi kesejahteraan umat manusia, berguna bagi agama, bangsa, dan negara tercinta,” harap rektor kepada wisudawan.

Pada wisuda kali ini juga dibarengi dengan peringatan 51 tahun UIN Raden Intan Lampung. Dalam amanatnya, Prof Mukri juga mengungkapkan, perjalanan setengah abad lebih IAIN-UIN ini menjadi catatan historis proses perjuangan, pengabdian, dan kontribusi UIN Raden Intan Lampung kepada umat dan bangsa.

“Karena itu, perjalanan sejarah ini harus disegarkan kembali agar kontribusi, peran dan pengabdiannya dapat diteruskan dan ditingkatkan lagi. Jadi aspek manusialah (SDM) yang paling menentukan kualitas kontribusi sebuah lembaga untuk bangsa,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Lampung yang diwakili Kepala Litbangda Prov Lampung Ir Amartoni Ahadis berharap UIN untuk dapat meningkatkan peran dalam pembangunan khususnya di provinsi Lampung. “Mari kita berperan aktif dan berikan yang terbaik untuk masyarakat, agama, bangsa dan negara. Selamat mengembangkan diri. Ini adalah awal untuk belajar sampai akhir hayat,” pesan Gubernur kepada wisudawan.

Hadir juga pada wisuda kali ini Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Prof Dr Phil Kamaruddin Amin, Perwakilan Kementerian Agama Kantor Wilayah Lampung, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan sejumlah undangan lain.

Adapun wisudawan terbaik universitas atas nama Raesitha Zildjianda dari prodi Hukum Tata Negara dengan IPK 3,90. Raesitha menulis skripsi dengan judul Analisis Maqashid Syariah Terhadap Sistem Demokrasi Di Indonesia.(*)