KONKRIT NEWS
11/12/19, 11.12.19 WIB
Last Updated 2019-12-11T08:55:43Z
Daerah

11 Pejabat Main-main Mengucap Sumpah, Gubernur Arinal Murka

Advertisement

Bandar Lampung – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi murka, hal tersebut diakibatkan karena sikap main-main dan terkesan tak profesional yang ditunjukan sebelas pejabat pratama Pemprov Lampung saat pengambilan sumpah (pelantikan) di gedung Balai Keratun, Rabu (11/12/2019).

“Ulangi! Ini tidak ditatar ya, mengucap sumpah ko ngak ngok ngak ngok, gak jelas,” tegur orang nomor satu di Provinsi Lampung ini di hadapan Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay dan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto.

Kemarahan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tak sampai di situ. Saat menyampaikan sambutan seusai prosesi pelantikan, dengan tegas Arinal mewanti-wanti sebelas pejabat tersebut untuk berkorban, ikhalas mengabdi dan menjalankan tugas dengan baik.

“Saya minta fokus dan khidmat. Jika ada yang terlambat datang tutup pintu. Saya ini lagi kurang sehat, mengucap sumpah kepada Allah Subhana Wataalla ko ngak-ngok ngak-ngok. Saya tidak ingin ada yang seperti ini lagi, jika terulang kembali akan saya nonjob kan. Kita ini sudah enak, gak kaya pejuang melawan penjajah belanda dulu, mengorbankan jiwa dan raga,” tegasnya.

Diketahui, saat prosesi pengambilan sumpah, sebelas pejabat pratama Pemprov Lampung tersebut tidak serempak dan tegas menjawab pertanyaan Arinal Djunaid apakah mereka siap dilantik atau tidak. Kemudian para pejabat tersebut pun ada beberapa yang terbata-bata mengulangi naskah pelantikan yang dibacakan Arinal Djunaidi.

Terkait hal tersebut, Ketua Lembaga Monitoring Pembangunan Indonesia (LMPI) Provinsi Lampung Sofian Akmad memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas ketegasan sikap Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tersebut.

Menurutnya, apa yang dilakukan Gubernur Arinal sudah tepat. Sebab, pengambilan sumpah merupakan prosesi sakral, jadi harus dilakukan dengan serius dan sungguh-sungguh.

“Sumpah adalah janji pada Allah Subhana Wataala, jadi harus dilakukan dengan khidmat. Kalo bersumpah di hadapan Allah saja tidak serus, apa lagi dalam bekerja nanti. Sikap tegas pak gubernur sangat wajar, sekali-sekali memang para kepala-kepala dinas/biro harus mendapatkan shock terapy,” tutup Sofian.

Berikut daftar sebelas pejabat pratama Pemprov Lampung yang dilantik.

1. Sekretaris DPRD Provinsi Lampung Tina Malinda
2. Kepala BKD Lukman
3. Dinas Kelautan dan Perikanan Febrizal Levi
4. Dinas Koperasi dan UMKM Agus Nompitu 
5. Dinas Perhubungan Bambang Sumbogo
6. Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Thomas Edwin 
7. Kabiro Humas Dan Protokol Yudi Hermanto
8. Kabiro Pemerintahan dan Otda Nirlan
9. Kabiro Perekonomian Elvira Umihanni
10. Direktur Umum dan Keuangan RSUAM dr Elitha Martharina Utari
11. Kadis PMD Lampung Syaiful Dermawan dilantik sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintah Hukum dan Politik.   (*/KN)