KONKRIT NEWS
13/12/19, 13.12.19 WIB
Last Updated 2019-12-12T17:31:38Z
pesawaran

KPU Pesawaran Aktifkan Helpdesk Pilkada 2020

Advertisement

Pesawaran - KPU Pesawaran aktifkan helpdesk Pencalonan dalam rangka Pilkada 2020 mendatang. Kordinator Devisi Teknis Yudi Ardiansyah menjelaskan, Helpdesk  berfungsi sebagai tempat konsultasi dan menanyakan hal-hal terkait pencalonan calon Bupati & Wakil Bupati Pesawaran, memberikan informasi dan layanan konsultasi pencalonan, terutama saat ini untuk Pencalonan dari jalur Perseorangan.

Yudi mengatakan, bahwa dalam perhelatan Pilkada 23 September 2020 mendatang proses pencalonan bakal calon Bupati/Wakil Bupati baik jalur perseorangan maupun partai politik diwajibkan menggunakan Sistem Informasi Pencalonan (SILON), sehingga perlu disampaikan kepada pihak yang berkepentingan tentang apa dan bagaimana mekanisme penggunaan Silon ini.

Menurut Yudi, bahwa sebagai gambaran, untuk Calon Perseorangan ini setelah pasangan calon memberikan mandat kepada LO dan operator, maka KPU akan memberikan user dan password penggunaan Silon. Selanjutnya operator calon dapat menginput data dukungan yang diperlukan sebagai syarat pencalonannnya. 

"Demi kelancaran dan menghindari salah input, KPU membuka helpdesk yang akan membantu para LO dan operator calon dalam penggunaan Silon ini."terangnya.

Kemudian, Sesuai dengan PKPU 16 tahun 2019 tentang tahapan program dan jadwal pilkada 2020, bahwa mulai tanggal 19-23 Pebruari 2020 untuk jalur Perseorangan sudah dapat menyerahkan syarat dukungannya.

Tentunya, guna menghindari kendala teknis, KPU mengharapkan LO dan operator calon ini selalu berkordinasi dengan helpdesk KPU agar dokumen yang diupload dalam Silon sesuai dengan ketentuan PKPU sehingga mengurangi kesalahan input dan kesalahan urutan pendukung yang mungkin terjadi."tutupnya. (Agung)