04/12/19, 4.12.19 WIB
Last Updated 2019-12-04T00:45:21Z
Berita

Penilaian Kampus Hijau, Peringkat UIN Lampung Menempati Peringkat ke-11 Perguruan Tinggi Se-Indonesia

Advertisement


Penilaian Kampus Hijau, Peringkat UIN Lampung Menempati Peringkat ke-11 Perguruan Tinggi Se-Indonesia


UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. 

Dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan antusiasme peserta perguruan tinggi di dunia untuk berpartisipasi dalam pemeringkatan kampus terhijau. 

Tahun ini jumlah peserta mencapai 780 universitas dari 85 negara di dunia. Pada tahun ini, sebuah kebanggaan untuk UIN Raden Intan Lampung yang berhasil naik peringkat dalam penilaian kampus hijau.

Tahun Sebelumnya, UIN Lampung menduduki peringkat ke-18 se-Indonesia dan 337 tingkat dunia, di tahun ini menempati peringkat ke-11 perguruan tinggi se-Indonesia dan ke-172 tingkat dunia untuk kampus hijau berkelanjutan berdasarkan penilaian dari UI GreenMetric tahun 2019. 

Untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan perguruan tinggi se-Sumatera, UIN menempati peringkat pertama. Pemeringkatan ini diumumkan oleh UI GreenMetric, Selasa (3/11), di kampus setempat, Depok.

Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg turut hadir menyaksikan pengumuman tersebut. Rektor merasa bersyukur atas peringkat UIN Lampung itu.

"Alhamdulillah dengan di umumkannya rengkingan UI Green Metric, UIN Raden Intan Lampung menempati rangking ke-11 ini tentu pertama-tama saya sebagai pimpinan di UIN Raden Intan Lampung memberikan apresiasi, "Katanya.

Rektor berharap kedepannya, UIN RIL akan menjadi lebih baik lagi, meskipun ranking itu bukan tujuan utama tapi ranking itu bisa di harapkan sebagai ekspresi kesungguhan dalam mengelola lingkungan yang bersih dan ramah.

"Tentu ini penghargaan bukan hanya Rektor tapi juga untuk seluruh civitas akademika yang telah berkontribusi untuk mencapai prestasi yang sangat membanggakan"Ujarnya. (Tm)