22/01/20, 22.1.20 WIB
Last Updated 2020-01-22T08:35:13Z
Berita

Mahasiswa KKN UNILA mengadakan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Silase

Advertisement



Mahasiswa KKN UNILA mengadakan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Silase



Mahasiswa KKN periode pertama tahun 2020 UNILA mengadakan pelatihan pembuatan pekan ternak silase di dusun 4 Raman AJI Kecamatan Raman Utara, Lampung Timur.  Selasa (14/1)

Menurut Mita Hasanah, selaku ketua pelaksana kegiatan tersebut, mengatakan bahwa pembuatan pakan ternak silase ini penting untuk diketahui oleh masyarakat, khususnya masyarakat desa yang memiliki hewan ternak, salah satu tujuannya sebagai langkah antisipasi para peternak untuk mengantisipasi kekurangan pakan ketika musim kemarau tiba. 

"Kegiatan ini dilakukan karena Masyarakat banyak yang belum mengetahui bagaimana membuat fermentasi pakan ternak silase. Fermentasi ini  dapat di lakukan Masyarakat ketika nanti musim kemarau tiba, karena pakan ternak akan tahan lama saat disimpan dalam jangka waktu yang panjang " Kata Mahasiswi Peternakan UNILA tersebut. 

Kegiatan pelatihan pakan ternak silase dilakukan dengan penyuluhan terlebih dahulu lalu praktek secara langsung.

Kegiatan tersebut mendapat tanggapan positif dari masyarakat desa Raman Aji, Masdar, selaku kepala desa Raman Aji menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat bagus dan bermanfaat untuk warga desa disini. 

" kegiatan yang dilakukan ini sangat bagus dan bermanfaat, karena belum pernah diadakan sebelumnya di desa Raman Aji". 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bapak Kepala Desa Raman Aji, Tokoh Masyarakat , Tokoh Pemuda, Perangkat Desa dan warga desa Raman Aji. 

Selain memberikan pelatihan pakan ternak silase tersebut, mahasiswa KKN di desa Raman Aji juga menggelar kegiatan lain, diantaranya seperti penanaman Toga, penyuluhan gizi seimbang, penyuluhan diabetes melitus, penyuluhan hipertensi, sosialisasi sensus penduduk, kegiatan gotong royong rutin setiap Jumat, dan pemberdayaan Perpustakaan Desa. (*)