06/01/20, 6.1.20 WIB
Last Updated 2020-01-06T01:39:52Z
Berita

Tokoh Adat Lampung Harap Generasi Milenial Bisa Ikut Serta Melestarikan Budaya

Advertisement


Tokoh Adat Lampung Harap Generasi Milenial Bisa Ikut Serta Melestarikan Budaya



Jika ada generasi Milineal yang ingin belajar budaya Lampung, Gedung Lamban Kuning terbuka untuk umum lho, hal itu pun disampaikan oleh Dang Gusti Ike Edwin selaku tuan rumah.

"Kita terima, datang saja, kita sama-sama belajar budaya Lampung"Kata Dang Gusti Ike kepada Media, Rabu (1/1).

Mengenai fenomena di era modern ini, Dang Gusti Ike berharap generasi milineal bisa ikut serta melestarikan adat istiadat budaya Lampung agar tetap terjaga sampai kedepannya.

"Kita lestarikan, kita jaga, kita laksanakan budaya-budaya Lampung"harap Dang Gusti Ike Selaku Tokoh Adat Lampung.

Mantan Kapolda Lampung ini juga memberikan tips kepada generasi milineal yang rasanya jenuh untuk belajar budaya, dibandingkan belajar lainnya.

Seiring perkembangan jaman, budaya akan terus dapat ikuti perkembangan jaman, namun tidak merubah apa yang terkandung dalam nilai-nilai budaya itu sendiri.

"Budaya bisa dibuat sedemikian rupa, karena budaya mengikuti perkembangan jaman, ikuti perubahan"Tuturnya.

Dang Gusti Ike pun memberikan gambaran, budaya bisa mengikuti jaman dan bahkan bisa menjadi sebuah trend di era modern ini, bilamana masuk dengan ranah yang sesuai dengan tempatnya.

"Seperti gitar klasik, itu kan bisa masuk ke generasi milineal, karena alunan petikannya yang suaranya bagus, tari"an, ada kulintang, tinggal ikuti perkembangan jaman, tidak merusak tata krama, adat, dan budaya serta ajaran agama yang kita anut"Paparnya.

Dang Gusti Ike berpesan kepada generasi milineal untuk dapat terus menjaga dan melestarikan budaya Lampung, karena kalian generasi milineal adalah generasi penerus bangsa, dan kedepannya yang akan meneruskan sejarah.

"Kita sama-sama pertahankan budaya, dan lestarikan"Pesan Dang Gusti Ike yang merupakan tokoh adat Lampung. (Ian)