04/02/20, 4.2.20 WIB
Last Updated 2020-02-04T16:33:46Z
Berita

Basarnas Membantu Evakuasi Penumpang KMP Salvatore Yang Mengalami Mati Mesin

Advertisement




Basarnas Membantu Evakuasi Penumpang KMP Salvatore Yang Mengalami Mati Mesin


Basarnas Lampung membantu evakuasi penumpang KMP Salvatore yang mengalami mati mesin di alur pelayaran Bakauheni – Merak sekitar P. Prajurit Bakauheni Lampung Selatan pada Senin (03/02) pukul 17.37 WIB.

Pd pukul 19.10 WIB Pos SAR Bakauheni terima info dari Bpk. HARRI ( BPTD pel. Bakauheni) bahwa telah terjadi pd pukul 17.37 WIB KMP Salvatore rute Bakauheni - Merak mengalami mati mesin dan Lego jangkar di sekitar perairan Pulau Panjurit, Bakauheni, Lampung Selatan. Crew berusaha menghidupkan kembali engine namun tdk berhasil sehingga meminta bantuan evakuasi thdp penumpang.

Menanggapi Laporan tsb Basarnas Lampung menugaskan Pos SAR Bakauheni untuk berkoordinasi dengan pihak terkait dan melaksanakan evakuasi thd penumpang tsb. Pada Pukul 19.15 WIB Pos SAR Bakauheni dengan menggunakan alut RIB (Rigid Inflatable Boat) 02 LPG menuju lokasi untuk melakukan Pemantauan evakuasi kapal oleh Tug Boat ASDP. Tim tiba di lokasi pukul 19.30  WIB dan melakukan koordinasi dengan pihak kapal dan para penumpang untuk melakukan evakuasi.

Pada pukul 20.10 WIB RIB 02 Basarnas Lampung dan Tug Boat ASDP Merak mulai melaksanakan evakuasi para penumpang. Para Penumpang dievakuasi ke dermaga kapal cepat pelabuhan Bakauheni dan selanjutnya dilaksanakan pendataan oleh pihak terkait. Proses evakuasi berlangsung selama kira-kira 2,5 jam. Karena pada pukul 21.35 WIB mesin KMP Salvatore berhasil hidup kembali dan mengevakuasi sisa penumpang yg masih berada di kapal menuju ke Dermaga 3 Pelabuhan Merak. Dan Pada Selasa (04/02) Pukul 00.30 WIB seluruh penumpang berjumlah 207 orang telah berhasil dievakuasi dalam kondisi Selamat dan didata di Pel. Bakauheni selanjutnya penumpang akan diberangkatkan kembali menuju Pel. Merak dengan menggunakan kapal lain.

Unsur yang terlibat dalam proses evakuasi ini terdiri dari Pos SAR Bakauheni, ASDP Bakauheni, ASDP Merak, KSOP Bakauheni, KSKP Bakuheni, Polair Polres Lamsel, dan BPTD wil. IV Lampung dan Bengkulu.

Kepala Basarnas Lampung Jumaril, S.E., M.M. mengapresiasi pihak operator KMP Salvatore karena sudah melaksanakan SOP prosedur kedaruratan kapal dgn baik. "Saya mengapresiasi pihak operator Kapal dan juga ASDP karena emergency prosedur di atas kapal dilaksanakan dgn baik sesuai SOP, sehingga mempercepat proses evakuasi", ujarnya. (*)