Dianakrobi
24/03/20, 24.3.20 WIB
Last Updated 2020-03-24T19:13:24Z
BeritaDaerahlampung utara

Akuan Abung, S.E : Terkait Covid-19, Pemerintah Jangan Hanya Ceremonial Belaka

Advertisement
LAMPUNG UTARA|konkritnews.com
Tokoh Adat Lampung Utara A.akuan Abung SE gelar Nadikiang Pun Minak yang Abung, minta Pemerintah Daerah harus cepat mengambil langkah untuk penanggulang serta pencegahan Virus Corona atau Covid-19.

Wabah ini harus di tanggulangi dengan cepat dan serius, jangan sampai ada korban jiwa di Lampung ini, khususnya Lampung Utara (Lampura), jangan hanya kegiatan ceremonial belaka, atau kegiatan yang hanya basa-basi, tidak ada solusi nyata.

Seperti kunjungan kepasar yang mengecek jumlah stock pangan dan harga pangan saja, dan setelah itu tidak ada solusi kongkritnya, dan itu menurut saya bukan langkah awal yang tepat dalam situasi di tengah marak nya Covid-19.

Dalam pemikiran saya sebagai tokoh adat, seharus Pemerintah Daerah baik itu Eksekutif, Legislatif (Forkopimda), dan adik-adik Mahasiswa/i, karena bagi kaum intelektual, ini bentuk pengabdian sesuai tri darma perguruan tinggi.

"Semua elemen tersebut segera agendakan rapat khusus tertutup untuk membahas langkah tepat dalam menangani Covid19. Misalkan, Forkompinda, Mahasiswa/i terjun langsung ke masyarakat sampai pelosok desa, guna sosialisasikan cara pencegahan Covid-19, serta langsung membagikan alat pelindung diri (Masker, Hand Sanitizer), tegasnya Nadikiang Pun Minak yang Abung.

Bantuan, lanjutnya, "pangan atau bantuan tunai langsung ke seluruh masyarakat sampai menyetuh di pelosok desa, agar semua element masyarakat tersentuh, bukan hanya masyarakat kota saja," lanjutnya.

Lalu untuk RS yang telah ditunjuk khusus untuk penanganan Virus Corona, Forkompinda harus selalu dampingi serta tinjau langsung dari SOP, penanganan sampai kesiapan tenaga medisnya, dan jangan lupa juga kebutuhan tenaga medis harus terpenuhi seperti alat pelindung diri, tunjangan mereka, dan kebutuhan lainnya, karena tenaga medis merupakan garda terdepan di situasi saat ini.

"Dan tidak luput juga, dari segi ekonomi, kegelisahan masyarakat mengenai kenaikan harga pokok dan stock pangan, Pemda sebaiknya buat subsidi pasar murah diberbagai titik, yang mana dapat bekerjasama dengan Pemprov, karena ini tanggungjawab kita bersama," cetus akuan Abung.
(Tim/KN/Red)