KONKRIT NEWS
20/03/20, 20.3.20 WIB
Last Updated 2020-03-20T03:47:48Z
Way kanan

Antisipasi Virus Corona, Panwascam Lakukan Cek Medis 26 PKD dan Staf Jajarannya

Advertisement

Way Kanan - Dalam rangka antisipasi dini terhadap Virus Covid 19 (Corona Virus Disease), Panwascam Blambangan Umpu lakukan pemeriksaan kesehatan fisik terhadap seluruh pengawas kampungnya di UPT Puskesmas setempat, Kamis (19/03/2020).

Tak hanya 26 Pengawas Kampungnya, anggota Panwascam beserta staf sekretariat juga melakukan hal serupa.

Dalam hal tersebut, Ketua Panwascam Blambangan Umpu, Eko Prasetyo kepada Konkritnews.com mengatakan, pemeriksaan kesehatan dilakukan sebagai upaya pencegahan dini terhadap adanya bencana Nasional dan Internasional yang ditetapkan pemerintah.

"Hari ini seluruh Pengawas Kampung/Kelurahan se-Kecamatan Blambangan Umpu sebanyak sengaja kita minta berkumpul di Puskesmas untuk dilakukan pemeriksaan medis. Ini dimaksudkan sebagai langkah pencegahan sekaligus memastikan bahwa jajaran personil Panwascam Blambangan Umpu dalam kondisi kesehatan yang baik, sehingga dalam menjalankan tugas dapat lebih maksimal," ungkapnya.

Jumlah personil yg turut melakukan pemeriksaan kesehatan itu yakni sebanyak 26 orang Pengawas Kampung/Kelurahan, 7 orang staf sekretariat dan 3 orang anggota Panwascam. 

"Ada 1 orang pegawai BPUM (Bendahara Pemegang Uang Muka) kami yang tidak bisa ikut, sebab memang sedang sakit dan dirawat inap di rumah sakit karena terkena penyakit DBD," terangnya.

Ditempat yang sama, Kepala Puskemas Blambangan Umpu dr. Indra menjelaskan bahwa Puskemas Blambangan Umpu sebagai pusat layanan kesehatan selalu siaga memberikan pelayanan bagi masyarakat. 

"Panwascam Blambangan Umpu kemarin telah berkonsultasi sekaligus bersurat yang intinya meminta bantuan medis, dan kami selalu siap. Tentu ini hal bagus dalam mewujudkan masyarakat yang sehat di tengah situasi merebaknya virus corona yang sedang melanda umat manusia," tegas Indra. (Andri)