KONKRIT NEWS
19/03/20, 19.3.20 WIB
Last Updated 2020-03-19T13:38:08Z
Hukum dan Kriminal

Lemahnya Pengawasan Dinas PUPR Pesawaran Akibatkan Bangunan Taman Andan Jejama Ambruk

Advertisement

Pesawaran - Proyek Pembangunan Taman Sidototo (RTH Sidototo Lanjutan) Kabupaten Pesawaran dari dinas PUPR Pesawaran dengan Nilai Pagu Anggaran sebesar Rp.583.292.000, yang baru saja selesai dibangun beberapa waktu lalu diduga tak memperhatikan  kualitas bangunan.

Hal ini menjadi Sorotan LSM Penjara (Pemantau Kinerja Aparatur) Lampung, dikarenakan Robohnya bangunan Pagar Penahan Tulisan Taman, diduga Akibat Bobroknya kualitas bangunan.

Menurut Fakih Sanjaya selaku Ketua LSM Penjara Lampung saat ditemui diruang kerjanya, kamis (20/3/2020), menindak lanjuti Terkait abruknya bangunan taman Sidototo yang dilaksanakan oleh CV.Paski Marga dengan konsultan pengawas Grasio Consultan Pada Tahun 2019 lalu, iya berpendapat bahwa bangunan tersebut tidak layak dan diduga ada pengurangan Volume dalam segi pembangunannya. alhasil dampak dari bangunan yang baru seumur jagung tersebut sudah Ambruk dan Retak yang tidak wajar.

Fakih menyatakan, bahwa pemerintah harus lebih teliti dalam Melakukan pengawasan di dalam setiap pembangunan yang menggunan Anggaran Negara, selain persoalan itu iya juga mengatakan bahwa dalam proses pembangunan peran penting kepada pihak pemborong dan pihak dinas harus lebih telaten baik dalam segi pembangunan ataupun segi pengawasan jangan hanya memikir untung saja, karena hal ini berdampak kepada kualitas dari pembangunan yang bobrok. 

Maka dari itu kami memberikan saran akan dinas segara melakukan perbaikan dan kedepan pihak dinas harus lebih telaten dalam sistem pengawasan segala bentuk pembangunan di kabupaten pesawaran khususnya dibidang Cipta Karya karena sudah 2 kali ada bangunan di pesawaran roboh. (Red)