Dianakrobi
18/03/20, 18.3.20 WIB
Last Updated 2020-03-18T12:19:17Z
BeritaDaerahkesehatanTanggamus

Sekda Pantau Kondisi Pelayanan Publik di Tanggamus

Advertisement
TANGGAMUS|konkritnews.com
Dalam rangka memastikan kebijakan Bupati terkait pencegahan penyebaran Covid 19 berjalan dengan baik, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tanggamus, Hamid Heriyansyah Lubis, selaku Ketua Gugus Tugas melakukan pemantauan langsung.

Pemantauan dilakukan di RSUD Batin Mangunang, Dinas Kesehatan, dan Disdukcapil Kabupaten Tanggamus.

Turut mendampingi kegiatan tersebut, Kepala BPKD Kabupaten Tanggamus, Suaidi, dan Kabid Pengembangan ASN BKPSDM Tanggamus, Bambang Probo.

"Harus dipastikan untuk jajaran Pemerintah Daerah melaksanakan apa yang sudah menjadi keputusan pimpinan, terkait upaya-upaya pencegahan Covid-19 di internal Pemerintahan Kabupaten Tanggamus, yaitu work from home (bekerja dirumah). Kemudian program pendidikan yang belajar di rumah, itu semua harus dipastikan berjalan dengan baik," ungkap Sekdakab Tanggamus.

Kemudian juga, lanjut Sekdakab, "Memonitor harga-harga pokok juga harus dilakukan. Alur prosedural, dari hal-hal ataupun diantara masyarakat yang berada di Kabupaten Tanggamus yang diduga oleh petugas medis sampai dengan tingkat Pekon yang diduga memiliki sedikit banyak gejala penyakit Virus Corona atau Covid 19 harus bisa memastikan SOP dari penanganan, dari rumah yang bersangkutan, sampai dengan di bawa ke RSUD, kemudian sampai dengan dibawa ke RS rujukan yang ada di Provinsi Lampung," jelasnya.

Ia juga menegaskan, agar seluruh jajaran Dinas Kesehatan sampai dengan jajaran terbawahnya, seperti Bidan Pekon harus memakai alur (SOP), yaitu pasien sudah ditetapkan terduga Covid-19 hanya boleh dibawa oleh satu jenis Ambulance yang sudah memenuhi standar.

"Tidak boleh sembarangan, Ambulance untuk membawa pasien, semua pihak harus paham itu, dan saya harus memastikan itu. Makanya, hari ini Rabu, 18 Maret 2020, saya mengunjungi RSUD Batin Mangunang, Dinas Kesehatan dan terakhir ke Disdukcapil Kabupaten Tanggamus, untuk memastikan pelayanan tetap berjalan," tegasnya.
Kemudian untuk Disdukcapil, Ia meminta pelayanan mobil keliling kependudukan tetap berjalan dan lebih ditingkatkan. 

"Sehingga masyarakat lebih dekat, tidak usah terlalu ramai berkumpul di kantor Kecamatan atau Kantor Disdukcapil," ujarnya.

Terkait hasil pemantauannya, Hamid H Lubis menyampaikan, bahwa tempat pelayanan di Disdukcapil dan RSUD Batin Mangunang, telah dilakukan upaya-upaya pencegahan, mulai dari pemeriksaaan suhu tubuh dan cuci tangan pakai sabun telah berjalan dengan baik. 

"Alhamdulillah hasil dari pantauan kami di lapangan, semua berjalan dengan baik," pungkas Sekdakab Tanggamus, Hamid Heriyansyah Lubis.
(ROBI/KN/RED)