3/19/20

SMKN 1 Empat Lawang Siap Ciptakan Bahasa Inggris ala SMK Berbasis Industri

Loading...

Sumatera Selatan - Mengingat Pentingnya Bahasa inggris untuk mencapai industri tingkat internasional, smkn 1 empat lawang, berusaha siap ciptakan bahasa inggris ala smk berbasis industri, ini alasannya.

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang disepakati sebagai bahasa komunikasi umat manusia sedunia. Dengan bahasa Inggris orang bisa pergi kemana saja untuk berkomunikasi mencari dan memberikan informasi. Dengan bahasa Inggris orang akan terhubung dengan lintas sektor, lintas budaya dan lintas benua. SMK yang merupakan salah satu bagian dari percaturan dunia khususnya dalam bidang industri, tenaga kerja dan bidang entrepreneurship, tentu harus memiliki pandangan tersendiri terhadap bahasa internasional yakni bahasa Inggris.

SMK harus bervisi global. Ia menyiapkan tenaga terampil yang harus siap bekerja di bidangnya di semua wilayah bidang itu dikembangkan. Seorang mekanik sepeda motor yang handal lulusan SMK harus bisa menjadi solusi penggunaan motor di semua negara pengguna dan atau pembuat sepeda motor di manapun berada. Disini mulai terlihat kendala dalam komunikasi bahasa jika SMK tidak mengantisipasi sejak dini pembekalan akan kompetensi bahasa Inggris yang standar dalam komunikasi kerja di industri sesuai dengan bidang keahlian yang digeluti.

Bahasa Inggris ala SMK semestinya sebagai didesain sebagai berikut; pertama, bahasa Inggris  pada SMK memiliki filosofi pembelajaran kinesketik yang lebih bertumpu pada basis keterampilan bukan melulu pada aspek pengetahuan. Kedua, penyajian pembelajaran bahasa Inggris haruslah Berbasis kebutuhan komunikasi kerja pada bidang keahlian masing masing, tidak disuguhkan secara general. Kenyataan bahkan menunjukan ada upaya penyeragaman Antara semua jurusan di SMK dan lebih parah lagi pembelajaran bahasa Inggris SMK disamakan dengan SMA.


SMK membutuhkan penyajian pembelajaran bahasa Inggris yang lebih konkret dan langsung tepat guna pada saat lulusan SMK ini terjun ke dunia kerja. Bahasa Inggris yang lebih operasional dan berbasis teaching factory communicating akan sangat berguna bagi siswa sekolah menengah kejuruan.

Kesadaran akan pentingnya revitalisasi pembelajaran bahasa Inggris pada sekolah menengah kejuruan harus dimiliki oleh semua pihak terkait pada penyelenggaraan pendidikan di sekolah menengah kejuruan. Kepala sekolah selaku manajer harus siap mendukung dan memfasilitasi guru dan siswa dalam mengubah cara belajar yang mungkin akan membutuhkan sarana dan prasarana yang lebih baik. Guru sebagai elemen terdepan yang harus merubah mindset dan pola pembelajaran di kelas bahasa Inggris dengan ala SMK yakni pembelajaran berbasis komunikasi pada teaching factory based. Siswa juga harus siap berubah dari konseptor ke aktor bahasa Inggris dalam komunikasi kerja.

Kepala smkn 1 Empat Lawang Sumsel, Saiful Efendi, Menyampaikan betapa pentingnya bahasa Inggris untuk industri tingkat internasionalm Kepada Media konkritnews.com di Ruang Kerjanya, Rabu 18/Maret/2020.

“Kami akan terus mencoba bermacam-macam terobosan, agar kedepan nanti anak bangsa kita bisa bersaing di kancah internasional, dan untuk mencapai semua itu, (smkn 1 empat lawang, siap ciptakan bahasa Inggris ala smk berbasis industri) tentunya tidak terlepas dari dukungan dari berbagai pihak terutama wali murid” terangnya.

“Kami selaku pendidik, akan berupaya untuk mengembangkan sesuai bakat keahlian murid itu sendiri, karena sangat disayangkan kalau bakat mereka terpendam begitu saja, ini tugas kami untuk menggali bakat-bakat murid tersebut," tutupnya. (Abdullah/KN)

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.