4/16/20

Penanggulangan Covid-19 di Pesawaran Mendapat Apresiasi

Loading...

Pesawaran - Ketua Tim 3 Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung yang juga Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Setdaprov Lampung Irwan Sihar Marpaung mengapresiasi persiapan penanggulangan Covid-19 yang dilakukan oleh Pemkab Pesawaran.

"Saya lihat sejauh ini Pemkab Pesawaran siap dalam hal penanggulangan Covid-19. Apalagi tadi Pak Bupati juga memaparkan langkah dan upaya Pemkab Pesawaran dalam penanganan Covid-19 ini," ujarnya saat melakukan tinjauan ke Kabupaten Pesawaran, Kamis, 16 April 2020.

Dia mengatakan dalam penanganan Covid-19 ini perlu dukungan semua pihak, karena penyebaran Covid-19 bukan lagi sekedar main-main.

"Artinya kita harus bersama-sama untuk menyelesaikan permasalahan Covid-19, terutama diwilayahnya kita masing-masing. Saya pun berharap penyebaran virus ini bisa segera berakhir dan tidak ada lagi korban selanjutnya akibat virus ini," kata dia.

Dirinya mengingatkan kepada masyarakat Pesawaran  untuk tidak melakukan penolakan terhadap korban meninggal akibat Covid-19. 

"Saya juga disini ingin menitipkan pesan kepada masyarakat Pesawaran untuk tidak melakukan penolakan terhadap korban meninggal akibat Covid-19, karena dalam hal ini kita harus mengedepankan sisi kemanusiaan. Apalagi SOP penanganan korban meninggal Covid-19 ini sudah standar keamanan yang telah ditetapkan WHO," kata dia.

Sementara itu, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona memaparkan sejumlah langkah dan upaya Pemkab Pesawaran dalam penanganan Covid-19.

"Memang kita sudah tetapkan rencana kerja dan operasional gugus tugas, diantaranya sosialisasi pencegahan dan mitigasi penularan Covid-19, sosialisasi protokoler pencegahan dan penanganan Covid-19, sterilisasi tempat umum dan fasilitas sosial, penyiapan sarana dan prasarana kesehatan, pemantauan ODP, pengobatan ODP di fasilitas Kesehatan, penutupan tempat wisata, social distancing, peningkatan sosialisasi PHBS, pemantauan kedatangan warga dari luar daerah yang terkena pandemi dan dari luar negeri, pelaksanaan rapid test, dan pembuatan database perkembangan informasi tentang Covid-19 di Kabupaten Pesawaran," ungkapnya. 

Dijelaskannya, dalam penanggulangan Covid-19 Pemkab Pesawaran telah menyiapkan anggaran sebesar Rp33 miliar. 

"Jadi alokasi anggaran yang kita siapkan totalnya adalah Rp33 miliar, dimana ada 4 fokus kegiatan yaitu penanganan kesehatan, dampak ekonomi, social safety, dan dukungan dana desa," ujar Dendi.

Selain itu, Dendi pun telah menyiapkan skema bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat, dengan catatan harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan untuk sedikit mengurangi beban ekonomi masyarakat. (Red)

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.