30/05/20, 30.5.20 WIB
Last Updated 2020-05-30T16:56:31Z
Berita

WNA asal Australia Korban Perampokan di Laut OKI Sumsel yang terdampar diperairan Tulang Bawang.

Advertisement



WNA asal Australia Korban Perampokan di Laut OKI Sumsel yang terdampar diperairan Tulang Bawang.


Tulang Bawang, Konkritnews.com - Tadeusz  Nowicki (70),WNA Asal Australia yang menjadi korban perampokan.Jumat (22/5/2020) diperairan Ogan Komring Ilir (OKI) Sumatra Selatan.

Di dalam Video yang berdurasi 24 detik,warga negara asing (WNA) ini memberikan ucapan terimakasih kepada Kepolisian Indonesia (POLRI) yang telah membantu dirinya selama terdampar diperairan Tulang Bawang akibat peristiwa perampokan diperairan Ogan Komring Ilir.

WNA Asal Australia Nowicki menyampaikan,"I would like to say,deep from my heart, terimakasih for the  Police in Indonesia and Indonesia because wonderful action and a lot of help for me Dari lubuk hati aku ingin mengucapkan terimakasih kepada Kepolisian Indonesia karena tindakan dan bantuan kepada aku, "ujar Nowicki.




Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad,SH,M.Si mengatakan kondisi Pelaut tersebut saat ini dalam keadaan sehat dan tiap hari dipantau terus oleh petugas.

Saat ini dia dalam kondisi sehat.kita Cek Kesehatan dia kita juga penuhi kebutuhan Logistik dan untuk Berkomunikasi ujar Kombes Pol Pandra (30/5/2020).

"Di katakannya ,Polda Lampung Memberikan pasilitas Nowicki untuk berkomunikasi dengan pihak Kedutaan Besar (KEDUBES) Australia.Kedubes Australia saat ini sedang mengurus administrasi Niwicki Karena dokumen miliknya hilang saat dirampak sejumlah orang.

Penanganan terhadap Nowicki ini dilakukan oleh Polda Lampung bersama Gugus Tugas Covid-19, hasil rapid test dinyatakan sehat,tidak reaktif apalagi Positif dan saat ini Kapal Nowicki berada di perairan Tulang Bawang Lampung untuk menjalani isolasi sebagai protokol Covid-19.

Nowicki berlayar sendiri dari Australia tujuan Jakarta namun nahas ditengah pelayaran dia menjadi korban perampokan oleh 10 orang pelaku dan ada yang membawa senjata api (SENPI) "Jelas Kombes Pol Pandra menceritakan ulang peristiwa kejadian yang dialami oleh WNA tersebut.

Lanjutnya usai mengalami perampokan,,mesin kapal tidak dapat dihidupkan karena ada sejumlah barang yang hilang,Nowicki lalu menekan Tombol Alat penyelamat keselamatan pelayaran Emergency Position Indicating Radio Beacon (EPIRB).

"Sinyal darurat tersebut lalu diterima International Maritime Organization (IMO) dan diteruskan kepada Kedubes Australia di Jakarta.Hingga akhirnya Polisi bersama Aparat lainnya menemukan Nowicki terdampar dan berada di perairan Tulang Bawang.

(Samidi/Rls)