5/28/20

YLHBR Minta Penyaluran BLT Dana Desa Transparan

Loading...

Tanggamus - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar menjelaskan soal bantuan langsung tunai (BLT) desa. Program ini merupakan realokasi anggaran dana desa untuk bantuan langsung tunai.

Abdul menegaskan bahwa sasaran BLT desa adalah warga miskin yang kehilangan pekerjaan karena virus Corona. Kemudian, yang paling penting adalah warga tersebut belum mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah.

Abdul juga mengatakan BLT dana desa akan diberikan kepada masyarakat yang keluarganya ada yang sakit kronis.

"Terkait BLT dana desa sasarannya adalah warga miskin yang kehilangan mata pencaharian karena COVID-19. Paling penting lagi dia belum dapat bantuan apapun, belum masuk PKH belum masuk BNPT, dan segala bentuk bantuan yang," jelas Abdul dalam konferensi pers video, Jumat (8/5/2020) beberapa Minggu lalu.

Menyoal tentang BLT dana desa sampai saat ini dinilai belum terdistribusi dengan baik di daerah kabupaten/kota seperti di salah satu daerah Cukuh Balak Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. 

Qistosi S.H selaku tim dari Yayasan Lembaga Hukum Bela Rakyat (YLHBR) Provinsi Lampung dan Juga merupakan Advokat Muda,  Ia menyikapi terkait persoalan ini ia meminta kepada aparatur  desa Banjar Manis Cukuh Balak Khusus nya Dengan Kepala Desa selaku penanggung jawab, untuk lebih Transparansi dan Meminimalisir lagi agar BLT dana desa dapat tersalurkan tepat sasaran, jangan sampai dana tersebut salah sasaran karena masih banyak yang lebih membutuhkan . Anggran Dana Desa Banjar Manis mencapai 1.4 M untuk tahun 2020 , kemudian dana tersebut di alokasikan ialah 35% untuk BLT dana desa. Dengan anggaran tersebut diharapkan tepat sasaran dan tranparansi sangat di butuhkan dalam hal ini mengingat begitu bserius nya dampak dari Covid-19 ini. Pungakas nya.

Disisi lain Qistosi S.H, Sapaan bang Tobek itu menambahkan bahwa terkait dampak virus Corona ini sangat luar biasa bagi masyarakat  ia mengatakan " saya akan bantu dan menerima keluhan  masyarakat khususnya di daerah kelahiran saya sendiri yaitu di Banjar Manis Cukuh Balak, saya membuka lebar kepada masyarakat yang ingin memerlukan bantuan hukum dan Konsultasi Hukum saya berikan gratis kepada masyarakat." Terangnya saat di konfirmasi awak media. (Red)

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.