KONKRIT NEWS
27/06/20, 27.6.20 WIB
Last Updated 2020-07-20T19:45:33Z
DaerahPemprov

Wagub Ajak Masyarakat Jalani New Normal Tanpa Narkoba

Advertisement

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim mengikuti upacaraa Peringatan Hari Antinarkotika Internasional Tahun 2020 . Upacara yang digelar secara virtual itu dipimpin Wakil Presiden Ma’ruf Amin dari Jakarta. Sementera Wagub Chusnunia mengiktui jalanya upacara dari Aula Atmani Wedhana, Kantro Badan Nasional Narkotika ( BNN) Provinis, Jumat (26/6/2020).
Usai upacara wagub mengajak, seluruh elemen masyarakat untuk tetap produktig menjalani era new normal dengan mengedepankan protokol kesehatan dan tanpa narkoba.

“Pemprov berkomitmen terus mendukung Badan Nasional Narkotika untuk memerangi penyalahgunaan narkoba di Provinsi Lampung. Mari kita jalani era new normal ini dengan kehidupan produktif, sehat dan tanpa narkoba,” kata wagub yang akrab disapa Nunik itu.

Sebelumnya, saat upacara peringatan Hari Antinarkotika Internasional itu, Wapres Ma’ruf Amin mengingatkan, generasi muda akan menjadi pemimpin masa depan. Sebab itu, harus bebas dari narkoba. Apalagi, ke depan Indonesia akan memasuki era bonus demografi di mana generasi muda ini akan menjadi pemimpin di masa depan.

“Indonesia, pada sisi lain sedang memasuki gerbang bonus demografi. Generasi milenial pada dekade mendatang akan muncul sebagai pengganti generasi saat ini, Untuk itu mereka harus sehat produktif dan hidup bahagia tanpa narkoba,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala BNN Heru Winarko memaparkan strategi yang dilakukan BNN dalam memerangi narkoba di Tanah Air. Seperti melakukan aktivitas yang memperlambat peredaran narkoba.
Langkah strategis yang dilakukan BNN dilakukan melalui strategi demand reduction yang merupakan aktivitas pencegahan agar masyarakat memiliki ketahanan diri dan imun terhadap penyalahgunaan narkotika.

“BNN juga melakukan aspek penegakan hukum yang tegas bagi sindikat pengedar narkotika, upaya rehabilitasi ini juga dilakukan untuk para pengguna narkoba,” ujarnya.

Heru menambahkan, BNN juga melakukan upaya rehabilitasi bagi para pecandu dan penyalahgunaan narkotika sebagai bentuk konkret yang telah dilaksanakan dalam menunjang kepercayaan dari masyarakat.

Dalam peringatan Hari Antinarkotika Internasional itu BNN bekerjasama dengan Group Musik Slank, Kompas TV, Pos Kota, dan lainnya.
“Dengan diadakannya Konser Slank BNN Republik Indonesia mulai memperkenalkan tagline baru, yaitu HIDUP 100%.Hasil penggalangan dana dari konser tersebut didonasikan untuk penanganan dampak COVID-19,“ kata Heru. (Adpim)