7/31/20

Mahasiswa KKN DR UIN Sukses Gelar Dialog dengan Tema “Publik Bertanya, Anak Muda Bisa Apa?"

Loading...


Peserta KKN-DR UIN Raden Intan Lampung menggelar acara DIAOG PEMUDA. Berlokasi di Pekon Rawas Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat. Rabu (29/7).

Kegiatan yang bertempat di balai desa tersebut, mengusung tema; “Publik Bertanya, Anak Muda Bisa Apa?", dihadiri oleh pemuda, masyarakat hingga pelajar dari berbagai kecamatan di Pesisir Barat. Kegiatan yang berlangsung pukul 09.00 WIB – 12.30 WIB, berjalan lancar, dimulai dengan pemaparan narasumber hingga sesi tanya jawab.

Peserta KKN-DR di pekon rawas yang beranggotakan 5 orang, yakni Khoirul ma'nan, Alandra Pratama, Okta yutami, Clara meilina, dan Diana Berliyani yang berasal dari fakultas yang berbeda juga memang orang pribumi dipekon rawas. 

Khoirul selaku ketua pelaksana menuturkan bahwa pemuda memiliki peran penting dimasyarakat. "Anak muda saat ini harus bisa melakukan hal-hal yang bersifat positif, agar bisa terus eksis dalam kehidupan bermasyarakat." tuturnya. 

Diana selaku moderator menyampaikan tema dialog pada kali ini memang berasal dari kegelisahan mereka. Anak muda yang katanya sebagai jembatan generasi lampau dengan masa masa depan harus dituntut untuk mampu menghasilkan karya, atau mampu melakukan perubahan yang nyata. Akan tetapi dilapangan masih banyak anak muda yang belum tau jati dirinya, belum mengenali potensi yang ada didirinya, apalagi menciptakan perubahan.

Sementara, acara dialog tersebut dihadiri oleh camat pesisir tengah, kepala desa, serta tokoh masyarakat, agama, dan tokoh adat desa tersebut. Camat pesisir tengah yang diwakili oleh sekretaris camat, sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan pemuda Pekon Rawas. Karena dengan adanya kegiatan ini, bisa menambah edukasi pemuda.

Adapun Narasumber pada dialog ini ialah Doni Irawan (Founder kepalas literasi), Sakdan (Ketua PC GP Ansor), dan Rizwan Torip (Pengusah Muda). Ketiganya mempunyai pandangan bahwa semua pemuda mempunyai potensi yang dapat dikembangakan guna membangun negeri. 

"Pemuda harus selalu bisa memposisikan diri dan memantaskan diri ditengah tanggung jawab sosialnya ditengah masyarakat." Tutur Doni.

Sementara, Ketua PC GP ANSOR, Sakdan menuturkan, pemuda harus terus bergerak agar selalu menebar kebermanfaatan bagi umat. Selain itu, Rizwan yang berlatarbelakang pengusaha, mengatakan bahwa pemuda saat ini harus kreatif, menciptakan inovasi baru dan tidak bersifat kaku serta tidak mudah mengeluh daam mencapai cita-cita yang diinginkan. (*)


Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.