07/08/20, 7.8.20 WIB
Last Updated 2020-08-07T14:22:42Z
Berita

13 Tahun Dewan Dakwah Menjadi Inisiator Penggerak Qurban ke Pelosok Desa

Advertisement



Laznas dewan dakwah menjadi inisiator penggerak qurban hingga pelosok desa selama 13 tahun dari tahun 2007 sampai 2020 dengan nama program Qurban Multi Manfaat. Qurban Multi Manfaat ini dilakukan di 15 kabupaten/kota dengan penerima manfaat hingga puluhan ribu jiwa.

Kegiatan rutin setiap tahun saat idul adha, target penerima manfaat ini adalah masyarakat pelosok – pelosok desa yang tidak pernah ada qurban karena beragam alasan salah satunya tingginya tingkat kemiskinan sehingga daerah – daerah tersebut menjadi penerima manfaat qurban pelosok desa laznas dewan dakwah. Pelaksana kegiatan adalah para amil dewan dakwah sebanyak 9 orang yang bertanggung jawab 2-3 desa untuk dilaksanakannya qurban ke pelosok desa. 

Bapak Rahmat salah satu pengurus desa kampung Mesir Dwi Jaya, kec. Gedung Aji Baru, kab. Tulang Bawang mengucapkan terimakasih kepada Laznas DD Lampung yang telah menyalurkan hewan qurban di sini. Selama desa ini berdiri, belum pernah ada qurban sapi. Semoga dengan program ini, masyarakat termotivasi untuk berqurban secara mandiri. Masyarakat juga mengharapkan agar silaturahim dan pembinaan terus terjalin.

Program ini dilaksanakan karena Ibadah yang kita tunaikan sudah saatnya berfungsi bukan saja untuk mengguqurkan kewajiban tetapi lebih dari itu, harus mampu memberikan manfaat dan menjadi solusi sebagai jawaban atas kondisi riil yang terjadi di masyarakat. Demikian halnya dengan ibadah qurban, LAZNAS Dewan Da’wah menawarkan program inovatif berupa program optimalisasi daging qurban sehingga Iebih  efektif dan  mampu memberi banyak manfaat bagi masyarakat.

Fenomena yang kerap terjadi dalam setiap pelaksanaan qurban adalah menumpuknya hewan qurban diperkotaan. Disisi Iain, banyak desa yang sudah bertahun-tahun tidak melaksanakan ibadah qurban dengan berbagai macam alasan.


Dengan alasan tersebut, serta untuk syi’ar islam dan kepedulian terhadap sesama, maka LAZNAS Dewan Da’wah membuat program "Qurban Multi Manfaat. 

Hal ini terjadi karena kesenjangan ekonomi yang terjadi antara masyarakat perkotaan dan pedesaan.

Program Qurban Multi Manfaat ke Pelosok desa ini telah dilaksanakan selama kurang lebih 13 tahun dari tahun 2007 , Qurban – qurban yan dihimpun dari masyarakat perkotaan setiap tahunnya beragam tetapi sampai saat ini jumlah masyarakat perkotaan yang mengamanahkan qurbannya ke Laznas Dewan Dakwah semakin bertambah. Tahun ini laznas dewan dakwah menyalurkan sebanyak 22 ekor sapi 33 ekor kambing dengan penerima manfaat sebanyak 15.492 jiwa (3.873 KK) di 29 titik penyembelihan antara lain Desa Labuhan Makmur, kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji, Desa Kasui Pasar, kecamatan Kasui, kabupaten Way Kanan, Desa Suka Marga, kecamatan Suoh, kabupaten Lampung Barat, Kampung Ringin Sari, kecamatan Banjar margo, kabupaten. Tulang bawang, Desa Panggung Jaya, kecamatan Rawajitu Utara, kabupaten Mesuji, dll. (*)