KONKRIT NEWS
08/08/20, 8.8.20 WIB
Last Updated 2020-08-08T06:03:30Z
Metro

Proyek Peningkatan Irigasi Balai Besar Sekampung, Batanghari Kementerian PUPR Patut Dipertanyakan

Advertisement

Metro Lampung - Tak kunjung ada kejelasan awak media sudah kedua kalinya Turun Lapangan, meninjau pembangunan proyek irigasi di kelurahan Tejosari Kota Metro.Pengawas dilapangan selalu terkesan menghindar dari pantauan awak media. serta enggan untuk diwawancarai.dalam hal ini menimbulkan Polemik yang berkepanjangan ada apa dengan proyek irigasi tersebut?

Pekerjaan proyek peningkatan irigasi yang menelan anggaran 31 Milyar tersebut, diduga banyak kejanggalan Terbukti saat beberapa awak media meninjau di lokasi sebagian material yang digunakan. seperti besi yang untuk penyangga atau pondasi penahan bantalan cor dinding irigasi sangat kecil.Hal lainnya ditemukan oleh awak media sejumlah bantalan cor dinding irigasi yang sudah dicetak belum terpasang sudah banyak yang retak.

Agung, selaku direksi pengawas dari Balai Besar Kementerian PUPR dilapangan, saat ditemui selalu menghindar dan melarang awak media mendokumentasikan pekerjaan proyek.ia juga berdalih dan mengatakan bahwa sudah menunjuk bagian humas ( hubungan masyarakat ) dan tidak mempunyai kewenangan dalam memberikan informasi tentang pekerjaan irigasi tersebut.


Maaf pak,jangan foto alat exavator yang sedang bekerja.Kami sudah menunjuk saudara umar dan Cipto sebagai Humas dan untuk memberikan informasi tentang proyek ini,nanti salah jalur lagi ", ungkapnya kepada awak media,Jum'at (8/7/20).

Selain itu juga,tidak ada kejelasan siapa pengawas lapangan dan Consultan pekerjaan proyek tersebut.Sejumlah pekerja proyek irigasi dilapangan juga bungkam enggan di mintai keterangan, awak media ingin mengetahui Spek dan gambar sebagai acuan serta petunjuk tekhnis pengerjaan proyek irigasi. supaya hasilnya maksimal dan  bisa bertahan lama kalau dikerjakan sesuai RAB.dan yang mengacu pada petunjuk tekhnis.

" Maaf pak,enggak tau saya hanya bekerja ", jelasnya.
 
Sementara itu,Rivan salah satu warga sekitar proyek dikelurahan Tejosari Metro Timur menuturkan bahwa proyek peningkatan irigasi mempunyai kelemahan dan kejanggalan.Dulu pondasi yang disana penahan lempengan/ bantalan cor dinding irigasi tidak ada besinya, lalu dibongkar.Tapi sekarang dikasih besi, cuma dua biji entah ukuran berapa 8 atau 10 inchi ", tuturnya.

Namun,Rivan sebagai warga biasa sangat menyayangkan dengan adanya peningkatan irigasi tersebut penuh kejanggalan dan menilai bahwa keadaan dinding irigasi yang lama masih layak.

" Sebenarnya kalau pemerintah sudah perintahkan membongkar,kelihatannya kita mau protes ya enggak bisa.Sebetulnya masih bagus,tapi enggak tau dari atasan.Itukan beton istilahnya kosong tapi sekarang pake besi.Sebetulnya yang lama masih bagus,tapi enggak tau pengelolaan pemerintah, permainan dia,kalau bongkar ya bongkar gitu aja ", jelas Rivan.

Seharusnya pengawas proyek peningkatan irigasi Sekampung Batanghari dari balai besar wilayah Sungai Mesuji Sekampung , dapat menjelaskan kepada awak media tentang berbagai kejanggalan temuan dilapangan.Mengingat proyek tersebut menggunakan uang rakyat dan anggaran negara yang harus terbuka dan diawasi agar dapat sesuai aturan RAB tanpa adanya penyimpangan.

Kedepan tim media akan terus memantau pekerjaan tersebut dan menemui pejabat berwenang atas temuan dari berbagai kejanggalan yang ada.Sehingga proyek peningkatan irigasi dapat sesuai harapan untuk kesejahteraan masyarakat.

(TIM)