8/28/20

Yusron : Eksistensi Advokat APSI di Lampung Makin Terlihat

Loading...


Lampung - Asosiasi Pengacara Syari'ah Indonesia (APSI) adalah salah satu organisasi advokat yang memang dimana eksistensi nya sudah tidak diragukan lagi. Mengusung nama Syariah yang melekat pada organisasi tersebut menjadi banyak perhatian. Organisasi advokat APSI bukan organisasi baru muncul, Asosiasi Pengacara Syari’ah Indonesia (APSI) dideklarasikan berdirinya pada tanggal 8 Pebruari 2003H/6 Dzulhijjah 1423H di aula Kampus 1 IAIN Walisongo Semarang (sekarang menjadi UIN).

Berkat perjuangan dan upaya yang sungguh-sungguh melalui berbagai kegiatan konsultasi, audiensi, lobi-lobi, dan rapat-rapat kordinasi dengan dan ke berbagai pihak, akhirnya berhasil dengan diakuinya Sarjana Syari’ah mempunyai peluang yang sama dengan Sarjana Hukum dalam hal meniti profesi sebagai Advokat, sebagaimana yang diatur dalam Undang-undang Nomor : 18 Tahun 2003 tentang Advokat yang telah disahkan oleh Sidang Paripurna DPR RI pada tangga 6 Maret 2003, bahwa Sarjana Syari’ah masuk secara eksplisit dalam Pasal 2 ayat (1) dan penjelsannya, yang berbunyi :

Pasal 2 (1) : “Yang dapat diangkat sebagai advokat adalah sarjana yang berlatar belakang pendidikan tinggi hukum dan setelah mengikuti pendidikan khusus profesi advokat yang dilaksanakan oleh organisasi advokat”.

Penjelasannya : “yang dimaksud dengan “berlatar belakang pendidikan tinggi hukum” adalah lulusan fakultas hukum, syariah, perguruan tinggi hukum militer, perguruan tinggi ilmu kepolisian”.

Kemudian dari pada itu Dewan Pungurus Wilayah Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia Provinsi Lampung (DPW APSI LAMPUNG) berdiri pada Tahun 2016.

Kala itu penerima mandat yang juga satu-satunya alumnus Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Radin Intan Lampung yang hari ini menjadi UIN Radin Intan lampung  Hermawan, S.HI, M.H, C.M, SHEL didapuk sebagai ketua sampai dengan Sekarang.

Tak kalah eksistensinya, DPW APSI LAMPUNG pun eksis di Lampung sebagai Organisasi Advokat berlatar belakang Syari'ah bahkan sampai saat ini tidak hanya lulusan sarjana Syariah, Sarjana Hukum umum pun banyak di lantik sebagai Pengacara di APSI serta purnawirawan polisi menjadi bagian sebagai keluarga besar APSI Lampung.

Pengakuan eksistensi DPW APSI LAMPUNG pun bermunculan dari Pengacara-Pengacara senior dan organisasi advokat linnya, Salah satunya dari rekan Advokat Yusron Efendi, S.H.

"Saya tahu adanya APSI  di Lampung, dan sering melihat atau membaca yang tayang di media informasi beberapa perkara yang di tangani Advokat APSI dari perkara kecil sampai perkara besar. 

Sehingga kemarin lalu saya berkunjung ke markas DPW APSI LAMPUNG dan di sambut baik oleh ketua DPW APSI LAMPUNG Hermawan, S.HI, M.H, C.M, SHEL dan jajaran"  ucap Yusron.

Hermawan mengucapkan terimaksih atas peran seluruh anggota APSI Khususnya dilampung serta rekan media yang selalu menampilkan kehadiran APSI ditengah masyarakat, harapannya kepada para penggiat hukum serta instansi lainnya bisa bersinergi dalam upaya penegakan hukum dibumi rua jurai yang kita cintai ini, tutupnya. (Red)


Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.