Dianakrobi
28/10/20, 28.10.20 WIB
Last Updated 2020-10-28T13:02:53Z
Bandar LampungBerita

Perserikatan Bumdes Indonesia Provinsi Lampung Dilantik

Advertisement

BANDAR LAMPUNG|konkritnews.com
--Dalam rangka berupaya meningkatkan eksistensi dan kemajuan Bumdes yang ada di Indonesia, Dewan Pimpinan Pusat Perserikatan Bumdes Indonesia (PBI) Rabu, 28 Oktober 2020 melantik DPD Provinsi Perserikatan Bumdes Indonesia (DPD PBI) secara serentak di 32 Provinsi secara virtual.

Satiyanto, S.Pd, melantik jajaran pengurus DPD PBI secara virtual dikarenakan kondisi Pandemi Covid-19. Namun, pelantikan tetap berjalan hikmat dan serius.

Ketika diwawancarai melaui selululer oleh media ini, tokoh yang konsen kepada Bumdes mangkrak ini Sutiyanto mengatakan, "dirinya berharap dengan terbentuknya Pengurus DPD PBI di 32 Provinsi akan mampu mengkoordinasikan, mendorong seluruh bumdes diseluruh Provinsi untuk maju bersama.

Salah satu pengurus DPD Perserikatan Bumdes Indonesia (DPD PBI) yang dilantik adalah DPD PBI Provinsi Lampung.

Titik kumpul pelantikan PBI Prov Lampung  bertempat  di Cafe "Ngopi Geh" Jalan Endro Suratmin Sukarame, Bandar Lampung.

Pelantikan di mulai sekitar pukul 13.20 WIB sebagaimana Ceremonial pelantikan, yakni dengan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, disambung pembacaan Surat Keputusan (SK) Pelantikan Kepengurusan DPD seluruh Indonesia.

Dilanjutkan sambutan Ketua Umum DPP PBI Satiyanto, S.Pd, Perwakilan yang bisa hadir dititik kumpul pelantikan yakni perwakilan dari pengurus Bumdes Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Pesawaran, dan Kabupaten Tulang Bawang Barat sudah termasuk mewakili Ceremonial pelantikan PBI.

Berikut Susunan Kepengurusan Provinsi Lampung, Formatur DPD Provinsi Lampung :
1. Ketua DPD Provinsi Lampung : Anwar
2. Wakil Ketua 1 : Ardiansyah
3. Wakil Ketua 2 : Kusni
4. Wakil Ketua 3 : Dian Eka
5. Sekertaris : Rinaldi Nuzirwan
6. Bendahara Ashep Anggriawan.

Departemen :
1. Organisasi dan Keanggotaan : Miftahul Firdausy
2. Pengembangan Usaha : H. Samsul Achsan
3. Kemitraan : M. Fadol Nasir
4. Informasi Promosi Pameran dan Pemberdayaan :  HENDRI. Ys
5. Pelatihan, Edukasi & Sertifikasi : Midati
6. Advokasi Hukum : Sugito
7. Media : Dwiyan Ardiansyah
8. Asisten media : Dwi Joni Suhendra
9. Hubungan Antar Lembaga Sri Widodo.

Dalam sambutannya, Pembina DPP PBI saat Meeting Zoom berlangsung, Prof. Dr Djarot. S. Wisnu Broto, menyinggung tentang Undang-undang Cipta Kerja, oleh sebab itu PBI BumDes diharapkan bisa mensejahterakan masyarakat yang ada di desa.

Bumdes juga berpeluang menciptakan lapangan pekerjaan dimasa Pandemi Covid-19 justru bisa membuka peluang kerjasama antar Bumdes yang ada diseluruh Indonesia, sebagai contoh dengan meeting zoom bisa bertemu antar wilayah Papua, Kalimantan dan dibeberapa wilayah lainya.

Setelah pelantikan, pengurus DPD PBI Lampung yang di gawangi oleh Anwar dilanjutkan dengan diskusi  dan membahas rencana kegiatan PBI Provinsi Lampung yang mengagendakan pembentukan PBI Kabupaten, Audensi dengan Pemerintah Daerah dan menyusun Program-program PBI sesuai arahan dan petunjuk DPP nantinya.

DPD PBI Lampung sangat support bagaimana mendorong kemajuan Bumdes yang ada di Lampung, sebab masih banyak Bumdes-bumdes yang belum berjalan secara optimal, ada Bumdes tetapi tidak aktif.

Inilah tugas pengurus PBI propinsi untuk mendorong bumdes lebih baik lagi dan bisa maju dan berkembang.

"kita berupaya untuk mendorong Bumdes yang ada di Lampung agar bisa menjadi lebih baik dan lebih maju lagi, " ungkap Anwar, Ketua PBI Lampung.

Diakhir pertemuan, dimanjakan dengan makan bersama di Cafe Ngopi Geh, Sukarame Bandar Lampung.

Sementara, Aminudin selaku Ketua Sekretariat Wilayah Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Provinsi Lampung, yang turut hadir saat pelantikan, mengucapkan selamat kepada seluruh Pengurus PBI Provinsi Lampung yang sudah dilantik.

Dirinya berharap, kedepan BPI menjadi rumah besar bagi Bumdes diseluruh Kabupaten di Provinsi Lampung, sehingga Bumdes dapat berkembang sesuai harapan pemerintah dan masyarakat.


Sumber : FPII Setwil Lampung
Editor : ROBI