Dianakrobi
08/10/20, 8.10.20 WIB
Last Updated 2020-10-08T03:37:05Z
BeritaDaerahpesawaran

Sempat Viral Karena Mengaku Marinir, Markus Erik Warga Sipil Akhirnya Diamankan

Advertisement

PESAWARAN|konkritnews.com
--Brigade Infanteri 4 Mars/BS, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung mengamankan seorang pria bernama Markus Erik yang mengaku sebagai anggota Korps Marinir saat didatangi wartawan yang mencoba melakukan konfirmasi perihal realisasi pelaksanaan proyek irigasi di Kelurahan Karang Maritim, Kecamatan Panjang, Bandar Lampung. Selasa, (06/10/2020) lalu.

Kepada petugas, pria berusia 24 tahun asal Padang Cermin, Pesawaran itu menyebut dirinya sengaja mengaku sebagai anggota Marinir untuk menakut-nakuti wartawan agar proyek yang dikerjakanya tidak diberitakan.

"Jadi Erik ini warga sipil, dia bekerja sebagai pengawas proyek. Saat ditemui wartawan mengaku sebagai Marinir, tujuanya untuk menakut-nakuti wartawan agar tidak diberitakan," ungkap Pasintel Brigif 4 Mar/BS, Letkol Marinir Suci Purnomo, mewakili Danbrigif, Kolonel Marinir Nawawi, S.E., M.M, kepada Media ini diruang kerjanya, Rabu, (06/10/2020) malam.

Suci mengatakan penangkapan dilakukan setelah viralnya pemberitaan tentang adanya oknum marinir yang melecehkan wartawan.

"Jadi begitu viral, bersama anggota saya langsung turun ke lokasi untuk penyelidikan. Karena, ini menyangkut nama baik Korps Marinir, ya harus secepatnya kita ungkap kebenaranya," urainya.

Dia menambahkan, pihaknya telah melakukan pendalaman terhadap Erik dan telah dipastikan tidak ada motif lain.

"Dapat dipastikan, murni hanya untuk menakut-nakuti wartawan, tidak ada motif lain," timpalnya lagi.

Dirinya menyebut, pihaknya telah memberikan teguran keras agar jangan sampai mengulangi perbuatanya, yang bersangkutan juga telah mengakui perbuatanya dan meminta maaf.

"Yang bersangkutan juga telah melakukan klarifikasi dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi, dan sudah kita perbolehkan pulang," terangnya.

Masih kata Suci, klarifikasi yang dimaksud berupa video pernyataan dari Erik yang mengakui bersalah, sebagai sanggahan untuk media.

"Kita minta rekan-rekan media untuk membantu meluruskan masalah ini demi nama baik Korps Marinir," ujarnya mengakhiri.

Terpisah, Ketua Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Provinsi Lampung, Aminuddin, S.P, mengapresiasi upaya yang dilakukan Brigif 4 Mar/BS untuk meluruskan masalah itu.

"Kita apresiasi upaya yang dilakukan Korps Marinir demi menjaga nama baiknya," singkatnya.


Sumber : FPII Setwil Lampung
Editor : ROBI