09/11/20

Gelar Bimtek, Bawaslu Lamtim: Panwas Berkomunikasi Efektif dan Efisien Jalankan Tugas

Loading...



Lampung Timur - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lampung Timur memberikan bimbingan teknis (Bimtek) penguatan SDM AD-HOC Se-Kabupaten dalam pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020.

Hadir sebagai narasumber dan dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Lamtim Uslih,S.Pdi Kordiv ( SDMO )Dedi Maryanto.S.Pd.I dan Ko. Sekertariat Drs.Suhaimi dan diikuti oleh seluruh Panwascam Kordiv SDMO dan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) dari setiap kecamatan Se-Kabupaten Lampung Timur dan berlangsung mulai tanggal 7 - 8 November 2020 di LEC Kartika Metro, Sabtu (7/11).

Dalam penyampaiannya, Ketua Bawaslu Lampung Timur Uslih,S.Pd.I mengatakan tujuan dilaksanakannya bimtek bagi Panwas.

" Kegiatan ini dimaksudkan untuk penguatan regulasi bagi Panwascam dan Panwas Desa tentang Kepemiluan dan prosedur pelaksanaan pengawasan Pilkada 2020.Selain itu juga untuk sinergitas dalam pengelolaan lembaga pengawas pemilu untuk memahami tugas dan fungsi masing - masing Panwascam dan Panwas Desa. Kami harapkan agar dalam melaksanakan tugas pengawasan dalam Pilkada 2020 ke depan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar nya.

Lanjut Uslih, pentingnya penguatan Sumber daya manusia (SDM) bagi seluruh Panwas dalam menjalankan tugas jelang Pilkada.

" Point penting bagi Panwas adalah perlunya berkomunikasi secara efektif dan efisien dalam menjalankan tugas pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur tahun 2020 mendatang ", tuturnya.

Ditambahkan Dedi Maryanto.S.Pd.I selaku Kordiv SDMO mengatakan, perlunya pemahaman intrapersonal bagi Panwas.

" Dalam menjalankan tugasnya Panwas harus mampu berinteraksi dengan beragam orang. Dengan memahami interaksi serta motif-motif orang lain dalam berbagai konteks dan situasi. Pengawas juga perlu meningkatkan jiwa kepemimpinan, kesadaran sosial, efektifitas,efisiensi, kemampuan merencanakan,kesadaran organisasi, integritas, inisiatif, kepercayaan diri Panwas jelang pilkada mendatang", tutupnya.

(Samidi/KN)
 

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.