06/11/20

Kembangkan Wahana Eduwisata Keluarga, Gubernur Arinal dan Ibu Riana Tanam Melon dan Semangka di PKK Agropark Lampung

Loading...

 


LAMPUNG SELATAN --- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal melakukan tanam perdana melon dan semangka di PKK Agropark Lampung, Sabah Balau, Kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan, Jumat (6/11/2020). 

Penanaman dilakukan di area seluas 3 Ha dari luas PKK Agropark Lampung (yakni 10 Ha) ini sebagai upaya pengembangan eduwisata keluarga untuk masyarakat Lampung.

"Saya mengucapkan selamat atas penanaman perdana melon dan semangka ini. Selamat kepada PKK yang memiliki keinginan untuk mengembangkan ini," ujar Gubernur Arinal. 

Pengembangan melon dan semangka di PKK Agropark Lampung ini atas kerjasama PKK Provinsi Lampung dengan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung dan mitra kerja PKK Agropark Lampung Sari Rogo. 

Arinal mengatakan melalui PKK Agropark ini, nantinya selain sebagai langkah dalam mengembangkan sektor pertanian, juga sebagai wahana eduwisata keluarga. 

"Saya ingin ini dimanfaatkan, selain disamping untuk keragaman komoditi, juga sebagai pendidikan dan wisata keluarga. Jadi ini bisa mengajak anak-anak kita untuk mereka bisa belajar dan berfikir masa depan serta dia tahu bahwa begitu indahnya alam ini," katanya. 

Selain melon dan semangka, kedepan Arinal meminta didalam PKK Agropark ini juga dikembangkan buah-buahan lainnya seperti alpukat, jeruk dan mangga juga peternakan dan perikanan. 

Termasuk sayur-sayuran seperti cabai, sawi dan kangkung. "Kalau ternak seperti ayam, kambing atau lainnya termasuk perikanan seperti nila, patin dan gabus dan ada edukasinya mengenai ini," ujarnya. 

Pada kesempatan itu, Arinal mendorong PKK untuk bisa mandiri mewujudkan kesejahteraan keluarga. 

"PKK ini suatu saat tidak boleh tergantung dengan pemerintah, harus bekerja dan berjuang mandiri untuk kesejahteraan keluarga. Jangan menunggu dari pemerintah tetapi berdayakan organisasi ini sehingga mandiri," katanya. 

Menurutnya, apabila hal ini berhasil, nantinya dapat diwujudkan di PKK Kabupaten/Kota. 

"Kalau kita berhasil seperti ini maka bisa mengajak kemandirian PKK di Kabupaten/Kota," katanya. 

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Arinal yang telah memberikan kepercayaan kepada PKK Provinsi Lampung untuk ikut serta mengembangkan agropark tersebut. 

"Harapannya ke depan, agropark PKK Provinsi Lampung dapat dikelola secara lebih profesional menjadi pusat eduwisata unggulan di Provinsi Lampung," ujar Ibu Riana. 

Senada dengan Gubernur Arinal, Ibu Riana menyebutkan kedepannya lokasi ini juga akan dikembangkan untuk penanaman buah, sayur-sayuran termasuk bunga. 

"Kedepannya kita juga akan menanam bunga dan juga sayur. Sayur ini nantinya panennya akan secara bergantian sehingga bagi masyarakat yang akan berwisata keluarga disini, akan ada bermacam-macam jenis sayuran yang akan dipanen," katanya. 

Selain itu, masih kata Ibu Riana, juga dikembangkan taman kelinci dan area peternakan. "Termasuk ada untuk edukasi kepada masyarakat dan anak-anak, sehingga kalau keluarga membawa anak-anaknya kesini akan lebih betah," ujarnya.(Adpim/KN)


Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.