11/11/20

Peringati Hari Pahlawan, DPD-KNPI Pesawaran Ajak Pemuda Berperan Aktif Mengawal Proses Demokrasi

Loading...


PESAWARAN - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional, Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD-KNPI) Kabupaten Pesawaran melaksanakan kegiatan dialog kepemdaan yang mengusung tema "Semangat Kepahlawanan Generasi Muda Dalam Mengawal Proses Demokrasi" yang diselenggarakan di sekretariat KNPI Kabupaten Pesawaran, Rabu (11/11/2020).

Hadir dalam kegiatan itu Kepala Dinas Pemuda dan Olehraga Kabupaten Pesawaran, Ketua Bawaslu Kabupaten Pesawaran Ryan Arnando, Ketua KPU kabupaten Pesawaran Yatin Putro Sugino, seluruh OKP Se-Kabupaten Pesawaran, PPK serta Panwascam Se-Kabupaten Pesawaran.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Pesawaran, Toga Asmarantaka dalam acara tersebut mengatakan bahwa pemuda harus menjadi garda terdepan dalam mengawal dan mensukseskan proses pilkada di kabupaten pesawaran.

"Sesuai dengan tema yang kita usung, dalam suasana kontestasi politik pemilihan kepala daerah, pemuda bahkan seluruh elemen masyarakat harus mampu mengawal dan mensukseskan proses pilkada yang saat ini sedang berjalan sampai selesai," ucap Toga.

Lanjut dia, pemuda harus berperan aktif mengawal itu agar tidak terjadi gesekan-gesekan antar pendukung. "Kita harus bisa menciptakan suasana damai, tenang dan kondusif karena pilkada adalah pesta demokrasi bukan perang dalam berdemokrasi," tegasnya. 

Sebelumnya ditempat yang sama,  Sekretaris DPD KNPI Pesawaran Wahyu Gautama yang juga Ketua Pelaksana menjelaskan pihaknya sengaja mengambil tema Peran Pemuda Mengawal Demokrasi karena sebentar lagi Kabupaten Pesawaran akan melaksanakan Pilkada.

"Sengaja dalam Bincang Demokrasi ini kami mengambil tema Semangat kepahlawanan generasi muda dalam mengawal proses demokrasi karena bertepatan dengan Pilkada Kabupaten Pesawaran, sangat penting bagi pemuda agar Pilkada serentak di Bumi Andan Jejama dapat berjalan dengan Aman, Damai, dan Sejuk," jelasnya.

Wahyu juga menegaskan, jika Pilkada akan terus dilaksanakan maka ada hal penting yang perlu diperhatikan, diantaranya soal Partisipasi Masyarakat, Money Politik dan juga pandemi.

“Maka pemuda dalam hal ini akan berperan aktif dalam mengawal perjalanan perpolitikan di masa ini. Maka upaya penyelenggara dalam melakukan inovasi dan kreativitas pilkada juga diperlukan, guna meningkatkan dan menjaga kondusifitas pilkada kedepan,” tegasnya.

Lanjut dia, kegiatan ini sekaligus bertujuan mengajak seluruh elemen pemuda, OKP, dan Ormas serta Pelaku Pers (Jurnalis/Media), untuk bersinergi dan bergerak.

“KNPI khususnya telah melakukan konsolidasi ke tingkat pengurus kecamatan dalam rangka mempertegas bahwa pemuda harus berperan aktif mengawal pilkada, agar terwujud demokrasi yang diinginkan,” harapnya. (Putra/KN)


Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.