KONKRIT NEWS
05/12/20, 5.12.20 WIB
Last Updated 2020-12-05T07:56:44Z
Lampung Timur

Disinyalir Ada Korupsi Dalam Pembangunan RKB, Kepala Sekolah Tutup Mulut Siapa Rekanan Yang Kerja

Advertisement

 


Lampung Timur - Pengerjaan proyek pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) di SMK Nusantara. Beralamat di Jalan Taman Nasional Way Kambas, Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur. Proyek yang diketahui akan dibangun ruang kelas itu seperti proyek siluman, Selain ditanya Kepala Sekolah tutup mulut sama sekali tidak memiliki papan informasi plang nilai proyek.

Terpantau langsung di lapangan tim media beberapa waktu lalu, Selasa (1/12/2020). Sejumlah pekerja sedang melaksanakan pengerjaan, Meski pekerjaan tersebut belum seluruhnya selesai namun sejumlah pekerja sedang mengerjakan rangkaian besi untuk pengecoran.

Syaifudin, M.Pd selaku Kepala SMK Nusantara yang ditemui dilokasi membenarkan jika sekolah setempat mendapatkan proyek pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB). Namun, dia tidak mengetahui siapa rekanan maupun jumlah anggarannya.

“Ya, itu pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB). Kami juga tidak tahu nama perusahaannya dan jumlah nilai anggarannya. Pokoknya terima beres. Kalau tidak salah pemborongnya dari Menggala ,” ujarnya.

Masih dikatakannya, bahwa sejak awal pembangunan belum ada pemberitahuan secara tertulis kepada pihak sekolah. Ia juga tidak mengetahui jika belum terpasang papan informasi.

“Kalau surat tembusan secara tertulis dari pihak rekanan/pemborong belum ada. Mengenai papan informasi saya juga tidak tau, kalau itu wajib nanti akan saya tanyakan kepada pihak pemborong,” ungkapnya.

Seharusnya setiap proyek pemerintah dan dana bersumber dari anggaran Negara, APBD dan APBN wajib memasang papan informasi. Jika tidak dipatuhi, ini merupakan sebuah ‘pelanggaran’ karena tidak sesuai dengan amanat undang–undang dan Peraturan lainnya.

Selain itu, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 70 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Perpres Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Perlu diketahui, sesuai data online LPSE Provinsi Lampung, nilai anggaran dalam pembangunan SMK Nusantara Labuhan Ratu Lampung Timur senilai Rp.998.520.000,- dari APBD tahun 2020 dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung.

Sampai berita ini ditayangkan, Kepala Sekolah belum memberikan kejelasan, siapa rekanan yang mengerjakan proyek pembangunan SMK Nusantara Labuhan Ratu.

(Samidi/KN)