21/12/20

Program Setengah Milyar Masker Desa Sumber Rejo Diduga Fiktif

Loading...

 


Lampung Timur - Realisasi Program gerakan Setengah Milyar Masker yang di canangkan Pemerintah Pusat melalui Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Anggaran Dana Desa (DD) diduga fiktif di Desa Sumber Rejo Kecamatan Waway Karya Lampung Timur, (21/12/20).

Diketahui tahun 2020, Desa Sumber Rejo mendapatkan kucuran DD sebesar Rp 1.221.336.000,- untuk alokasi masyarakat dampak Covid-19.

Desa Sumber Rejo harus mengalokasikan angaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD sebesar 35 persen sesuai aturan Pemerintah Pusat dan aturan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur sebagai bentuk pemulihan ekonomi nasional senilai Rp 427.467.600,- untuk 237 KK yang terdampak selama Covid-19.

Selain program BLT DD, Pemerintah pusat pun membuat program baru pada bulan Agustus 2020 tentang Gerakan Setengah Milyar Masker untuk antisipasi penyebaran Covid-19 di desa.

Melalui Kementrian Desa (Kemesdes), pemerintahan daerah membuat peraturan yakni agar Setiap desa melalui DD menganggarkan Masker untuk di bagikan ke setiap jiwa sebanyak 2 Masker kepada Masyarakat di mulai dari warganya yang berumur 4 tahun.

Mengacu pada aturan tersebut, Desa Sumber Rejo seharusnya menganggarkan 8.282 buah masker kepada masyarakat nya sebagai bentuk Desa Aman Covid-19.

Pengadaan masker dari DD juga termasuk salah satu persyaratan pencairan DD untuk tahap tiga atau 20 persen termin terakhir. Apabila belum melakukan program masker tersebut DD termin terakhir tak bisa di cairkan.

Melihat dasar aturan tersebut Tim Media melakukan Investigasi kepada warga setempat ternyata banyak warga Desa Sumber Rejo tak pernah menerima Masker dari Pemerintahan Desa tersebut.

"Selama ini saya belum pernah terima masker baik dari Kepala Desa ataupun dari RT, ini saya jawab apa adanya," terang BT warga Desa Sumber Rejo (09/12/2020), dan di amini beberapa warga lainya saat di mintai keterangan.

Sedangkan pengakuan dari salah satu Aparat Desa yang bisa ditemui yakni SL di Dusun Bangun Rejo Desa Sumber Rejo mengatakan, "Memang benar kemarin saya bagi masker ke warga saya yang menyuruh waktu itu bapak Kepala Desa, saya hanya membagikan masker 15 buah untuk 54 Kepala Keluarga (KK) yang ada di RT saya," ungkapnya.

Sampai berita ini di terbitkan Kepala Desa dan Sekretaris Desa Sumber Rejo kecamatan Waway Karya belum bisa di temui, beberapa kali tim media mendatangi Balai Desa selalu tidak berada di kantor. Telpon aktif tetapi tidak diangkat untuk  Konfirmasi biar pemberitan berimbang, kepala desa terkesan menghindar dan enggan di temui.

(M.Husin/KN)


Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.