21/01/21

Deputi BPPM Partai Demokrat Sarankan KKN Unila Ditunda

Loading...


Lampung - Ramainya pemberitaan tentang Mahasiswa Unila yang akan melaksanakan KKN dimasa pandemi Covid 19 ini menuai komentar beragam dari berbagai kalangan. Deputi BPPM DPP Partai Demokrat turut mengomentari kebijakan Universitas yang tetap mewajibkan 4.300 mahasiswanya untuk melaksanakan KKN tatap muka pada tanggal 26 Januari mendatang.


"Kami menyayangkan sikap Rektor yang sampai hari ini keukeuh meminta 4.300 mahasiswa Unila untuk menjalankan KKN secara tatap muka, sementara kita semua tahu persis jika sampai saat ini pemerintah sedang gencar - gencarnya menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan mobilitas kegiatan yang tidak produktif dan mengurangi segala bentuk kerumunan, KKN adalah satu bentuk pengabdian mahasiswa di daerah penepatan yang ditunjuk Kampus, dimana di daerah tersebut akan banyak kegiatan pengabdian yang berinteraksi dengan banyak warga, wajar jika masyarakat dan mahasiswa takut akan terbentuk cluster baru penularan Covid 19 akibat KKN mahasiswa Unila, ditambah lagi Provinsi Lampung sudah banyak Kabupaten/Kotanya yang sudah ditetapkan menjadi Zona Merah Covid 19, Rektor kan juga pernah terlena Covid 19". Ungkap Ilham Mendrofa.


"Unila seyogyanya mengakomodir seluruh masukan mahasiswa, mempertimbangkan masukan satgas covid Provinsi Lampung atau mencontoh Kampus lain yang sukses melaksanakan KKN Online, bukannya pandemi ini bisa menjadi ajang kreatifitas Kampus untuk mengelaborasi sistem pendidikan berbasis pandemi yang tidak mengurangi nilai pengabdian dari KKN misalnya," paparnya.


"Kita tidak menyampingkan pendidikan, tapi saat ini kesehatan seluruh masyarakat adalah prioritas kita bersama, Kampus tidak boleh memberikan edukasi yang ambigu yang justru membuat bingung masyarakat dan orang tua 4.300 mahasiswa tersebut, kami berharap Unila dapat mempertimbangkan masukan masukan seluruh elemen masyarakat, internal kampus atau eksternal kampus,"  sambung dia.


Sebagaimana diketahui persoalan KKN ini tengah ramai diperbincangkan di Media sosial Twitter terkait rencana Universitas Lampung (Unila) yang akan menggelar kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tatap muka mulai 26 Januari 2021.


Warganet pun beramai-ramai menentang kebijakan Unila tersebut. Ini mengingat kasus Covid-19 di Lampung terus meroket dan Kabupaten/Kota Provinsi Lampung banyak yang sudah ditetapkan menjadi Zona Merah Covid 19. (Rls/KN)


Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.