31/01/21

Pembangunan DAK 2020 SDN 01 Agung Dalem Diduga Bermasalah

Loading...

 


Tulang Bawang - Pembangunan perpustakaan dan Pembangunan Ruang UKS SDN 01 Agung Dalem, Kecamatan Banjar Margo, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung diduga menyalahi aturan yang sudah ditentukan. Sesuai dengan ketentuan pengerjaannya 150 hari.


Hal ini terjadi di SDN 01 Agung Dalem Kecamatan Banjar Margo, sampai pada tanggal 29 Januari 2021 belum juga selesai pengerjaannya, saat Awak Media KonkritNews.com dan juga didampingi oleh salah satu media cetak dan online yang enggan disebut namanya, berkunjung ke sekolah tersebut melihat masih ada tukang yang mengerjakan pembangunan tersebut.


Dan hal tersebut dibenarkan oleh bendahara kegiatan DAK sekolah SDN 01 Agung Dalem, "iya mas memang belum selesai, kami pun bertanya kepada kepala sekolah ada apa di sekolah," bendahara yang enggan di sebutkan nama nya mengatan kalau kepala sekolah tidak berada di tempat alias tidak ada.


Kami pun menanyakan hal serupa dengan tukang yang sedang mengerjakan pembangunan perpustakaan dan UKS SDN 01 Agung Dalem, ia mengatakan "kalau pagi kayak gini biasanya dia ambil rumput siang paling Kepala Sekolah nya datang ke sekolah, karna sapi nya banyak lebih kurang nya ada 25 ekor sapi," ujarnya.

Pelaksanaan kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) di Sekolah SDN 01 Agung Dalem, Kecamatan Banjar Margo, kabupaten Tulang Bawang Tahun 2020 belum selesai dikerjakan, masa kontrak berakhir pada Tanggal 31 Desember 2020.


Sesuai dengan yang kita ketahui dalam Lampiran I, Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2018 tentang Peraturan Presiden Nomor 123 Tahun 2016 tentang Petunjuk Teknis Dana Alokasi Khusus Fisik. Kegiatan peningkatan prasarana pendidikan dilakukan oleh Panitia Pembangunan di Satuan Pendidikan (P2S) yang ditetapkan oleh Kepala Satuan Pendidikan atau Kepala SKB penerima alokasi DAK Fisik secara swakelola sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.


Kemudian, untuk menggali informasi terhadap penanggung jawab kegiatan pembangunan perpustakaan dan ruang UKS untuk mengetahui siapakah ketua P2S di sekolah tersebut, namun informasi tersebut tidak berhasil diketahui awak media dari kepala sekolah SDN 01 Agung Dalem, Kecamatan Banjar Margo, kabupaten Tulang Bawang selaku penanggung jawab.


Saat Media KonkritNews.com dan juga rekan media cetak dan online yang enggan disebutkan namanya, mencoba berkunjung ke rumah kepala sekolah SDN 01 Agung Dalem, sialnya Kepsek tersebut tidak berada di tempat, kami hanga bertemu dengan istri dari kepala sekolah tersebut yang juga menjadi salah satu kepala sekolah di kecamatan Banjar Agung, Tulang bawang. Ia mengatakan kalau bapaknya lagi keluar bawa mobil, kami pun mencoba menghubunginya melalui telepon seluler, berdering tapi tidak di angkat oleh kepala sekolah SDN 01 Agung Dalem, Banjar Margo, Tulang Bawang.


Ada 2 unit bangunan yang dikerjakan yakni, Perpustakaan dengan pagu Rp.165.000.000,- dan pebangunan Ruang UKS dengan pagu Rp.63.500.000,- dan Tertotal Rp. 228.500.000,- sumber Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2020.


Pantauan Media KonkritNews.com dan rekan media juga, di SDN 01 Agung Dalem, Jum'at (29/01/2021), 2 bangunan tersebut belum selesai pekerjaannya dan peralatannya tidak terlihat didalam ruangan, bahkan bangunan gedung yang diketahui merupakan  dalam keadaan belum selesai.


Harapan kami dari media KonkritNews.com dan juga rekan media dari cetak dan online, kepada Aparat Penegak Hukum (APH) yaitu Polres dan Kejaksaan agar bisa menindak lanjuti temuan kami ini, supaya bisa menjadi contoh sekolah-sekolah lainnya khusus yang berada di kabupaten Tulang Bawang, provinsi Lampung. (HOLIDI/TIM)


Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.