KONKRIT NEWS
25/01/21, 25.1.21 WIB
Last Updated 2021-01-25T15:22:25Z
Bandar Lampung

Tradisi Lokal Berperan Menjaga Keutuhan Sosial Masyarakat

Advertisement


Bandar Lampung -- Pesatnya perkembangan zaman membuat budaya lokal mulai ditinggalkan masyarakat. Padahal tradisi lokal memiliki peran dalam menjaga keutuhan tatanan sosial masyarakat.


Hal itu disampaikan oleh Budayawan Supirman dalam Haul Gus Dur XI Klasika, Minggu, 24 Januari 2021. Ia mengatakan, tradisi lokal telah ada sejak lama dan menjadi identitas bagi sebuah daerah.


"Yang lama jangan ditinggalkan harus dijaga, dan juga tetap menerima budaya yang baru," ujar Seniman Gitar Klasik Lampung itu.


Setiap tradisi lokal memiliki spiritual tersendiri bagi di masyarakat. Hal itu kemudian mampu mempererat kehidupan sosial masyarakat.


"Untuk menjaga itu, budaya khususnya gitar klasik lampung bisa diajarkan kepada anak muda di sekolah-sekolah," kata dia.


Sementara, Direktur Klasika Ahmad Mufid menuturkan, banyak yang tak mengetahui sisi spiritual dari tradisi lokal. Padahal sisi tersebut mampu membangun keutuhan tatanan sosial masyarakat.


"Kita boleh menerima budaya baru, tapi jangan meninggal budaya lama yang telah ada dan menjadi identitas di masyarakat," ungkapnya.