KONKRIT NEWS
24/01/21, 24.1.21 WIB
Last Updated 2021-01-24T08:18:14Z
lampung utara

Wahrul Fauzi Silalahi: Dinas Pertanian Jangan Hanya Tinggal Diam Terkait Langkanya Pupuk Bersubsidi di Lampura

Advertisement

 

Gambar Istimewa


Lampung Utara – Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung, Wahrul Fauzi Silalahi, dari Fraksi Partai Nasdem meminta dinas pertanian kabupaten Lampung Utara serta instansi-instansi yang terkait untuk segera dapat mengusut tuntas penyebab utama terjadinya kelangkaan pupuk bersubsidi yang sangat dikeluhkan para petani, Sabtu (22/01/2021). 


“Jangan sampai dinas pertanian hanya diam saja, Pastikan pendistribusian pupuk berjalan baik kelapangan, karena sekarang adalah waktu para petani melakukan pemupukan terhadap tanaman mereka,” terangnya saat dihubungi awak media melalui Pesan WhatsApp.


Wahrul juga meminta kepada Dinas pertanian Lampura, dalam pelaksanaan pendistribusiannya harus sesuai dengan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (RDKK), yaitu rencana kebutuhan sarana produksi pertanian dan alsintan untuk satu musim/siklus yang disusun berdasarkan musyawarah anggota kelompok tani.


“Jangan sampai petani-petani di Lampung ini selalu kekurangan pupuk karena pendistribusiannya tidak sesuai prosedur, atau tidak sesuai dengan RDKK,” ungkapnya.


Wahrul juga menegaskan apabila ditemukan adanya kecurangan dan permainan antara pengelola gudang, distributor, dan pengelola kios dalam pelaksanaan pendistribusiannya, agar pelaku dapat dilaporkan kepada Aparat Penegak Hukum (APH) setempat.


“Laporkan jika ada permainan, karena itu merupakan tindakan yang dapat merugikan banyak pihak dan termasuk tindak pidana. Untuk saya meminta aparat penegak hukum dapat mengusut tuntas kebenarannya dilapangan.” Pungkasnya. (Albet/KN)