17/05/22

Bupati Lambar Lantik Peratin Terpilih di Kecamatan Suoh & BNS

Loading...


Lampung Barat - Bupati Lampung Barat hadiri Pelantikan Peratin terpilih Kecamatan Suoh dan Kecamatan Bandar Negeri Suoh (BNS). Selasa, 17 Mei 2022. Pelantikan Peratin terpilih Kecamatan Suoh dipusatkan di Pekon Tugu Ratu, sementara untuk pelantikan Peratin terpilih di Kecamatan BNS dipusatkan di Pekon Suoh.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin, Asissten Bidang Administrasi Umum, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat, Camat Suoh, Camat BNS, Peratin, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh masyarakat setempat.

Prosesi Pelantikan itu ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan oleh para peratin terpilih yang dipimpin langsung Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus.

Kemudian dilanjutkan penandatanganan berita acara oleh para peratin yang dilantik dan dua orang saksi dari unsur TNI/Polri serta rohaniawan. Setelah itu disusul penandatanganan oleh Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus.

Selanjutnya dilanjutkan penyematan tanda jabatan dan penyerahan surat keputusan oleh Bupati Parosil kepada para peratin.

Pelantikan Peratin tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bupati Lampung Barat Nomor: B/227/KPTS/III.13/2022 Tanggal 20 April 2022.

Berikut Peratin terpilih di Kecamatan Suoh :

1. Joko Purnomo sebagai Peratin Pekon Sumber Agung.

2. Herlin dilantik sebagai Peratin Pekon Tugu Ratu.

3. Jaimin dilantik sebagai Peratin Pekon Sukamarga.

4. Tunggono dilantik sebagai Peratin Pekon Banding Agung.

5. Anton Cahyadi dilantik sebagai Peratin Pekon Roworejo.

Peratin terpilih di Kecamatan BNS :

1. Fuad Hasim dilantik sebagai Peratin Pekon Suoh.

2. Sunarto dilantik sebagai Peratin Pekon Bandar Agung.

3. Helmansyah dilantik sebagai Peratin Pekon Gunung Ratu.

4. Syahruddin dilantik sebagai Peratin Pekon Bumi Hantatai.

5. Hendriyanto dilantik sebagai Peratin Pekon Ringin Jaya.

6. Tri Waluyo, S.Pd. dilantik sebagai Peratin Pekon Tri Mekar Jaya.

Pada kesempatan itu, Parosil melakukan penyerahan bantuan berupa mesin pemotong rumput untuk Kecamatan Suoh dan BNS.

Adapun penyerahan bantuan secara simbolis oleh Bupati Parosil berupa tiga (3) unit mesin pemotong rumput untuk kelompok tani di Kecamatan Suoh.

1. Kelompok Tani Tunas Harapan Pekon Banding Agung.

2. Kelompok Tani Sinar Harapan Pekon Sumber Agung.

3. Kelompok Tani Sido Maju Pekon Roworejo.

Sementara di Kecamatan BNS sebanyak 2 (dua) unit.

1. Kelompok Tani Cempaka Tiga Pekon Suoh

2. Kelompok Tani Tri Maju Pekon Bumi Hantatai

Dalam sambutannya Bupati Lambar H Parosil Mabsus menuturkan, Pelantikan peratin merupakan saat yang bersejarah, dimana dimulainya suatu kehidupan baru. Oleh sebab itu, saya harap kepada saudara untuk bersikap dan berprilaku bijak, sehingga pihak-pihak yang bersebrangan dengan saudara tidak merasa tersisih.

Dengan berbekal hal itu upayakan untuk menciptakan suasana yang kondusif di pekon yang saudara pimpin. 

Selanjutnya dalam hal ini pelayanan kepada masyarakat, saudara juga harus dapat bertindak seadil-adilnya sesuai dengan sumpah yang baru saja saudara ucapkan.

"Tugas pertama saudara-saudara sebagai peratin adalah kembali merajut tali persaudaraan di antara sesama warga, agar perbedaan aspirasi selama masa pemilihan peratin beberapa waktu yang lalu tidak berkembang ke arah perpecahan yang akan merugikan semua pihak," jelasnya.

Menurutnya Kepemimpinan dan peran peratin dalam pembangunan sangat penting, karena posisinya sebagai aparat pemerintah yang terdekat dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terus berupaya meningkatkan kemampuan perangkat pekon agar dapat menjalankan pemerintahan secara lebih baik.

"Kepada saudara camat, saya berharap saudara memberikan bimbingan dan motivasi kepada semua peratin agar terus membangun pekonnya dengan menggerakkan partisipasi masyarakat. Kepada Lembaga Himpun Pemekonan (LHP) dan masyarakat berikanlah dukungan yang tulus kepada peratin karena tanpa dukungan yang tulus dari saudara sekalian mustahil para peratin ini dapat melaksanakan tugasnya dengan baik," kata Pak Cik sapaan akrab Bupati Lambar.

Tak lupa ia menambahkan Kepada saudara peratin yang lama yang telah memasuki masa purna baktinya, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada saudara atas pengabdiannya selama ini. 

"Terima kasih kepada panitia pemilihan peratin dan tim pengawas kecamatan, TNI-Polri serta semua komponen yang telah berhasil melaksanakan kegiatan pemilihan peratin dengan aman, tertib dan lancar, semoga amal bakti saudara mendapat anugrah dari tuhan yang maha kuasa, aamiin," tutupnya.

Mewakili Desa, Tokoh Masyarakat Kecamatan Suoh Bapak Ahmad Dardiri, S.Hi menyampaikan bahwa Menjadi seorang Peratin adalah tanggung jawab yang besar. Ditambah lagi saudara-saudara dipercayakan oleh pemerintah pusat dalam mengelola dana desa (DD) dipekon nya masing-masing.

"Gunakan dana desa ini dengan sebaik-baiknya dengan bijaksana. Jangan sampai salah dalam mengelola Dana Desa ini, kami selaku masyarakat kecamatan Suoh berharap kepada peratin terpilih ini dapat menjadi Peratin yang amanah dan menjadi Peratin yang adil dan bijaksana untuk masyarakat," pesannya. (Red/KN)


Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.